Berbahaya, 15 bahan makanan ini jangan dimakan bersamaan

Buah dan sayuran tidak semuanya bisa dikonsumsi bersamaan. Sebaiknya buah dimakan terpisah dengan sayuran

Terkini.id, – Buah dan sayuran adalah bahan makanan yang paling diwajibkan untuk dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang banyak dan sumber serat yang baik untuk kesehatan. Namun beragam buah dan sayur tidak selalu bisa cocok dijadikan masakan atau salad buah karena bisa mengganggu sistem pencernaan, karena itu jangan mencampur bahan – bahan makanan dibawah ini

Beberapa bahan makanan tersebut antara lain :

1. Melon + Semangka

Kedua buah ini kandungan kadar airnya tinggi, mencampur buah ini menjadi satu bisa membuat perut mual dan sakit kepala. Sebaiknya dikonsumsi secara terpisah.

2. Grapefruits, Stroberi + Apel, Delima, Pisang, Persik

Buah asam dan buah manis tidak boleh dicampur menjadi satu karena bisa membuat perut mual dan sakit kepala. Buah grapefruits dan stroberi termasuk jenis buah manis, sedangkan apel, delima, pisang dan persik termasuk golongan buah asam. Sebaiknya tidak dikonsumsi berbarengan.

3. Pisang, Jagung, Kentang, Kacang Polong, Chesnut + Brokoli, Kismis, Bayam

Buah dan sayuran memiliki proses cerna yang berbeda. Buah lebih cepat dicerna, selain itu buah juga banyak mengandung gula, sehingga dapat mengganggu proses pencernaan sayuran.

Baca :7 makanan ini bisa dimakan sepuasnya tanpa merasa takut risikonya

Buah-buahan seperti pisang, jagung, kacang polong dan chesnut mengandung tepung, sedangkan brokoli, kismis dan bayam mengandung protein tinggi. Tidak boleh mencampur jenis buah yang mengandung tepung dan sayuran yang mengandung protein tinggi, karena tubuh membutuhkan asam untuk mencerna protein dan basa alkali untuk mencerna karbohidrat.

4. Kedelai + Bayam

Jangan mencampur kedelai dan bayam bersamaan karena bayam memiliki asam oksalat yang bisa bereaksi dengan kalsium yang terdapat pada kedelai, yang jika dicampur menghasilkan endapan yang tidak dapat larut dalam usus.

5. Daun bawang + Kedelai

Sama seperti kedelai dan bayam, kandungan kalsium dalam kedelai tidak bisa dicampur dengan kandungan asam oksalat dalam daun bawang. Jangan dikonsumsi bersamaan karena berpengaruh pada penyerapan kalsium. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang tubuh akan kekurangan kalsium yang bisa menyebabkan kejang, menurunnya kadar mineral tulang dan bisa menyebabkan patah tulang.

6. Susu + Coklat

Kandungan susu yang kaya protein dan kalsium, coklat yang banyak mengandung asam oksalat. Jika dikonsumsi bersamaan dapat membentuk kalium oksalat yang tidak mudah larut dalam tubuh, juga bisa menyebabkan diare.

Baca :Inginkan berat badan ideal makanlah 6 bahan makanan ini

7. Telur + Susu Kedelai

Telur banyak mengandung protein, susu kedelai dapat mengurangi aktivitas dari enzimg protease yang membantu metabolism protein dalam tubuh. Sehingga jika dikonsumsi berbarengan maka protein dalam telur tidak akan ternutrisi dengan baik dalam tubuh.

8. Semangka + Daging

Semangka adalah jenis buah yang dingin, sedangkan daging adalah bahan makanan panas. Jika dikonsumsi bersamaan maka nutrizi/gizi dalam daging akan menurun drastis. Bahkan membahayakan bagi mereka para penderita asthenia limpa karena mengganggu limpa dan lambung.

9. Daging + Cuka

Daging termasuk bahan makanan “panas”, sedangkan cuka adalah “hangat”. Jika kedua bahan makanan ini dicampur/dikonsumsi bersamaan maka dapat mengaktifkan energy dan sirkulasi yang over.

10. Kepiting + Teh

Jangan makan kepiting sambil minum teh, bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Teh mengandung asam tannic, sehingga mengganggu asimilasi dan mengurangi kemampuan lambung dalam mensterilkan bahan makanan ini.

11. Chesnut + Daging

Kombinasi kedua makanan ini akan mengganggu pencernaan sehingga dapat menyebabkan dyspepsia (nyeri perut bagian atas)

12. Yoghurt + Daging

Baca :Inginkan berat badan ideal makanlah 6 bahan makanan ini

Yoghurt dan daging dikonsumsi bersamaan dalam sandwich bisa menyebabkan kanker. Karena daging biasanya ditambahkan nitrat untuk mencegah pembusukan, ketika bertemu nitrat asam organik bisa bersifat karsinogen dan menjadi nitrosamine.

13. Jeruk + Wortel

Jangan mengonsumsi kedua jenis buah ini berbarengan karena bisa menyebabkan heartburn (rasa panas di dada) dan bile reflux(cairan empedu naik ke lambung) juga kerusakan pada ginjal.

14. Pepaya + Lemon

Campuran kedua buah-buahan ini bisa menyebabkan anemia dan bermasalah pada kadar hemoglobin.

15. Jambu Biji + Pisang

Mengonsumsi kedua bahan makanan ini bisa menyebabkan asidosis atau kondisi darah kelebihan asam atau kekurangan basa sehingga bisa menyebabkan mual, sakit kepala dan sakit perut.

Perhatikan, sebelum Anda mengonsumsi bahan makanan, ketahuilah terlebih dahulu apakah bahan makanan tersebut cocok dimakan bersamaan, jika tidak risikonya bisa menjadi penyakit dalam tubuh dan bahkan tidak jarang bisa mengakibatkan kematian secara perlahan.