Berdiri di Lahan Sempit, Puskesmas Sudiang Dilengkapi Fasilitas Memadai

Puskesmas Sudiang
Puskesmas Sudiang

Terkini.id, Makassar – Di bawah pimpinan dr Anwar, Puskesmas Sudiang menawarkan perubahan tak terkirakan, begitu jauh berbeda dari 22 tahun yang lalu.

Puskesmas yang bertetangga dengan Sekolah Dasar PAI I dan PAI II ini, sekarang dilengkapi pula Pojok Bermain Ramah Anak, serta beberapa buku bacaan.

Keberadaan Pojok Ramah Anak dan buku-buku bacaan tersebut guna mengusir kejenuhan pasien dan keluarga pasien sembari menunggu panggilan pemeriksaan dokter.

Puskesmas Sudiang tidak hanya pusat pelayanan kesehatan berorientasi profit saja, namun merupakan Pusat Kesehatan Masyarakat yang merakyat baik umum maupun BPJS.

“Keberadaan Puskesmas sebagai organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat,” kata dr Anwar, Selasa 3 April 2019.

Upaya kesehatan tersebut, kata dia, diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

“Mutu layanan serta Fasilitas-fasilitas tersebut diatas sebagian besar telah dimiliki oleh Puskesmas Sudiang. Padahal 22 tahun yang lalu, infrastrukturnya begitu memprihatinkan, kini bangunan Puskesmas ini begitu megah,” ujarnya.

Puskesmas Sudiang dilengkapi jaringan internet

Begitu memasuki halaman Puskesmas ini, mata pasien akan dimanjakan hijaunya (TOGA) tanaman obat bagi keluarga.

Kesehatan lingkungan di Puskesmas ini memang prioritas. Tak hanya itu saja petugas maupun dokter puskesmas ini begitu ramah dan cekatan melayani pertanyaan pasien.

“Kondisi ini sebagai wujud menciptakan lingkungan Puskesmas yang sehat dan bersih kepada masyarakatnya. Harapannya dengan melihat hijau serta rimbunnya tanaman-tanaman, orang sakit berangsur-angsur sehat,” kata Anwar.

Puskesmas Sudiang memasang jaringan internet sebagaimana Era Industri 4.0, dimana sekarang ini masyarakat akan berang apabila tidak terkoneksi dengan internet. Kebiasaan ini mau tidak mau jajaran Puskesmas mengikuti perkembangan jaman, berbasis teknologi dan informasi.

“Untuk bisa terkoneksi, terlebih dulu keluarga pasien harus minta password kepada petugas Puskesmas, itupun kalau petugasnya mau membocorkan kepada keluarga pasien, maklum saja pada jam kerja mereka dituntut berkinerja lebih baik,” terangnya

Meski lokasi Puskesmas Sudiang sempit terhalang tembok rumah warga dan diapit bangunan sekolah, pelayanan dan fasilitasnya begitu gemilang.

“Semoga kedepannya fasilitas yang tersedia terus mengalami inovasi-inovasi bermanfaat buat masyarakat Sudiang dan sekitarnya,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini