Beredar Kabar Pemerintah Potong Libur 2021, Netizen Minta Potong Leher Koruptor Sekalian

Terkini.id, Jakarta – Kabar sedih bagi para pekerja yang selalu menanti-nantikan hari libur. Pasalnya, cuti bersama di tahun 2021 yang semula berjumlah tujuh hari secara keseluruhan, kini dipangkas hingga hanya tersisa dua hari!

Dilansir dari kontan.co.id, memang benar adanya bahwa pemerintah telah menyepakati hal tersebut yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Cuti Bersama tahun 2021 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, pada hari Senin kemarin, 22 Februari 2021.

“Dalam SKB sebelumnya terdapat tujuh hari cuti bersama. Setelah dilakukan peninjauan kembali, maka cuti bersama dikurangi dari semula tujuh hari menjadi hanya tinggal 2 hari saja, ” ujar Muhadjir dalam rapat tersebut, dikutip dari siaran pers.

Muhadjir turut menjelaskan bahwa cuti bersama tahun 2021 yang dipangkas sebanyak lima hari adalah cuti bersama dalam rangka Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada 12 Maret, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 17, 18, 19 Mei, dan Hari Raya Natal 2021 pada 27 Desember.

Dengan demikian, hari cuti bersama yang tersisa, yakni tinggal dua hari. Dua hari tersebut adalah dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 12 Mei dan Hari Raya Natal 2021 pada 24 Desember mendatang.

“Pertimbangan mengapa masih diberikan satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri dan satu hari menjelang Natal, yaitu agar memudahkan Polri dalam mengelola pergerakan masyarakat. Jangan sampai terjadi penumpukan pada satu hari dan justru akan berbahaya, ” jelas Muhadjir panjang lebar.

Setelah kabar ini beredar di media sosial, utamanya Twitter, netizen pun beramai-ramai berkomentar mengenai tanggapan mereka. 

Akun @areajulid yang mengunggah tangkapan layar perihal pemotongan libur 2021 ini pun menuliskan sebuah keterangan cukup panjang yang berbunyi:

“Dis! Ga dapet jatah cutber natal sama lebaran, isra miraj juga dipangkas. Yang budak korporat alamat nguli + padahal liburan itu berharga banget buat istirahat. Karena sebenernya kan liburan bukan vacation.”

Menanggapi hal tersebut, netizen yang lain pun tampak setuju dan kompak menyampaikan keresahannya di kolom balasan.

“Potong Anggaran, Potong Libur. Selanjutnya Potong Leher Koruptor dong,” tulis akun @faithfulpersonn gemas.

“Tau gak, libur tanggal merah pun di kalender dosen2ku tetap gaskan kuliah dengan alasan “daripada nyari kelas pengganti” apalagi ini dikurangi kan, makinlah gak ada waktu istirahatku. Pandemi gini fisik aman tapi mental digas teros,” curhat akun @namaku_kael.

“Nanggung tuh. Libur hari agamanya masih bikin long weekend. Sekalian aja gak ada libur apa2 termasuk hari agama. Jadi libur cuma sabtu minggu. Mau ada Lebaran, Natal, Nyepi, Waisak, Imlek tetap masuk dan
Kerja! Kerja! Kerja! Tipes,” geram akun @antosoni27.

Bagikan