Beredar Pemberitaan Syekh Ali Jaber Bela Nikita Mirzani Soal Lonte, Ini Faktanya

Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber. (Jpnn.com)

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah tangkapan layar pemberitaan yang memuat pernyataan Syekh Ali Jaber soal istilah ‘Lonte’. Dalam pemberitaan tersebut, ulama kharismatik itu seakan-akan membela artis Nikita Mirzani terkait perseteruannya dengan Habib Rizieq Shihab.

Tangkapan layar foto pemberitaan itu dibagikan pengguna Facebook Hajja Sopiah Priantna, pada 17 November 2020.

Dilihat dari foto unggahannya, tampak sebuah artikel pemberitaan berjudul “Nikita Mirzani Disindir Lo*Te, SYekh Ali Jaber: Jangan Pandang Buruk Wanita Tak Berhijab”.

Dalam tangkapan layar foto pemberitaan itu juga tertulis media KININEWS.COM.

Berikut narasi unggahan pengguna Facebook Hajja Sopiah Priantna terkait tangkapan layar pemberitaan tersebut:

Menarik untuk Anda:

“Ulama kondang Syekh Ali Jaber angkat bicara terkait perseteruan artis Nikita Mirzani dengan Ustadz Maaher At-Thuwailibi.

Dia mengingatkan semua orang agar tidak gampang menghakimi seseorang, termasuk perilaku dan cara berpakaian seseorang.

”Kalau urusan sama orang, jangan menghakimi orang. Jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk.

Barang kali dia punya dua rakat (sholat) tahajud di sisi Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” ujarnya dalam Podcast Deddy Corbuzier bersama Gus Miftah, Senin (16/11/2020).

”Kita tidak tahu apa urusan manusia sama Allah. Masing-masing punya rahasia sama Allah. Punya sesuatu kebaikan sama Allah yang barang kali tidak ada manusia lain yang tahu.

Bisa jadi sebab kebaikan itu antar dia sama Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” sambung Ali Jaber..@copas Benny Anjaspati…”

Namun, berdasarkan penelusuran fakta dari Tim Cek Fakta Liputan6.com, Rabu 18 November 2020, klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lonte adalah tidak benar atau hoaks.

Keterangan Syekh Ali Jaber tersebut bersumber dari tayangan video YouTube Deddy Corbuzier berjudul “Syekh Ali Jaber, Saya Pasrah. Deddy Corbuzier Podcast” yang dimuat pada 16 September 2020.

Dilihat dari video itu pada menit 32 detik 11, Syekh Ali Jaber memang mengeluarkan pernyataan yang identik dengan keterangan pada klaim.

Namun, konteks pernyataan tersebut tidak terkait dengan sindiran lonte untuk Nikita Mirzani, melainkan terkait nasihat manusia agar tidak menghakimi manusia lain melebihi Allah.

Dalam video tersebut, Syekh Ali Jaber mengaku sering memberi nasihat di komunitasnya agar jangan memandangi buruk wanita yang belum berjilbab.

“Saya termasuk di komunitas saya sering bilang jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk. Barangkali dia punya dua rakaat tahujud di sisi Allah bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” ujar Syekh Ali Jaber dalam video itu.

“Kita tidak tau apa urusan manusia sama Allah, masing-masing punya rahasia sama Allah. Punya sesuatu kebaikan sama Allah yang barangkali tidak semua manusia pun tau, bisa sebab kebaikan itu yang dia antara dia sama Allah bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” ujarnya lagi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lonte dan seakan-akan membela Nikita Mirzani adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, Syekh Ali Jaber memang mengeluarkan pernyataan yang identik dengan keterangan pada klaim.

Namun, konteks pernyataan tersebut tidak terkait dengan sindiran lonte terhadap Nikita Mirzani, melainkan berkaitan dengan nasihat Syekh Ali Jaber agar manusia tidak menghakimi manusia lain melebihi Allah.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pasien Sembuh Covid-19 Tambah 4.271 Orang, Total 470.449

Update Kasus Covid-19 per 5 Desember: Pasien Positif Tambah 6.027 Orang

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar