Berikut Daftar Musisi Mancanegara Bakal Manggung di Toraja International Festival 2018

Toraja International Festival

Terkini.id, Makassar – Perhelatan tahunan Toraja International Festival (TIF) akan diselenggarakan di Museum Ne’gandeng tepatnya di Desa Malakiri, Kota Rantepao, Toraja Utara, 5 hingga 8 Juli 2018.

Acara ini akan menampilkan Sendratari garapan para seniman Toraja sendiri yang mengangkat cerita rakyat terkenal di kalangan masyarakat Toraja yaitu Dodeng, Ma’dandan dan Le’toang, perancang busana tanah air, pameran kuliner dan kerajinan hingga lomba.

Tak hanya itu, sejumlah group musik khas berasal dari sejumlah negara juga bakal turut hadir menghibur para penonton Toraja International Festival 2018. Kehadiran group musik dari beberapa negara tersebut secara otomatis menambah keseruan pergelaran TIF 2018 yang dipusatkan di Ne’gandeng.

Tarian Toraja

“Selain penampilan lokal yakni dari Toraja sendiri, penampilan dalam negeri yakni Indonesia juga akan hadir sejumlah group musik berciri khas dari luar negeri,” ujar penggagas juga Direktur Toraja International Festival (TIF), Franki Raden,Ph.D.

Toraja adalah salah satu wilayah budaya terindah di Indonesia yang memiliki pemandangan alam, tradisi ritual dan arsitektur sangat khas serta memukau

Lanjut Franky menjelaskan, Toraja International Festival ini digelar dengan tujuan menjadikan Toraja sebagai destnasi wisata dan lokasi festival budaya berskala dunia. Selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Toraja melalui bidang pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif.

“Kami juga ingin membuka jaringan antar seni budaya nasional dengan internasional untuk bisa mendapatkan akses menuju pasar global,”paparnya.

Dunia hiburan khususnya musik akan selalu menarik untuk disimak, terlebih mengenai musisi mancanegara yang akan tampil di Toraja International Festival (TIF) pasti selalu dipantau oleh penggila musik tentuntunya. Berikut daftar group musik mancangera yang akan tampil di TIF 2018 :

Capoeira (Brasil)

Capoeiristas /int

Penyelenggaraan Toraja International Festival 2018 tahun ini memboyong unsur terbaru yakni dengan menghadirkan sebuah olah gerak yang berasal dari negara Brasil yang sangat popular di dunia yakni Capoeira. Capoeira merupakan gabungan antara seni bela diri dan tari plus musik khas Brasil yang sangat terkenal dengan irama Samba.

Hiphop Muda, Liquid Silva (Brasil)

Hiphop Muda, Liquid Silva (Brasil) / int
Hiphop Muda, Liquid Silva (Brasil) / int

Dari Brasil selain Capoeira juga akan hadir seorang penyanyi hiphop muda dengan nama Liquid Silva. Penampilan pemuda berbakat ini nanti akan diiringi oleh seorang DJ bernama Teeze.

DJ Jelita dan Dj Chantal Dewi (Campuran Belanda-Indonesia)

Di Toraja International Festival 2018, kedua Dj berdarah campuran Belanda-Indonesia ini juga turut menyemarakan suasana malam TIF. Namnya DJ Jelita, Chantal Dewi. Keduanya akan tampil mengajak Generasi Now dan Milenial untuk berjoget di malam hari.

Seniman Klasik (India)

Tabla Sitar /int
Tabla Sitar /int

Tahun 2018 ini TIF mendapat kesempatan untuk mengundang dua grup seniman klasik dari India. Keduanya akan menampilkan pertunjukkan Duo Tabla dan Sitar dan tarian Klasik Kathak.

Highlight (Korea)

Samulnori
Samulnori /int

Pertunjukkan langka ini merupakan salah satu highlight dari program TIF di tahun 2018. Highlight yang lain adalah penampilan sebuah grup musik-­tari Korea bernama Yulteo yang akan mementaskan Samulnori, bentuk seni pertunjukkan Korea yang paling terkenal di dunia.

Norman Jean (Amerika)

Norman Jean /int
Norman Jean /int

Penampilan Highlight juga akan menghadirkan seorang penyanyi balada wanita dari Amerika, Norma Jean. Diiringi oleh seorang pemain gitar muda Indonesia berbakat Renda Pangestu, Norma Jean akan dapat memukau para penonton dengan lagu-­lagu yang ia ciptakannya sendiri.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Jokowi Tunjuk Prabowo Jadi Menteri Pertahanan

Terkini.id, Jakarta - Pertanyaan tentang mantan Rival Jokowi, yakni Prabowo Subianto bakal menjadi menteri pertahanan di kabinet kerja jilid II terjawab sudah.Prabowo yang merupakan