Berikut Ini 8 Fakta Tenggelamnya KMP Lestari Maju di Selayar

Kapolda Sulsel
Kapolda Sulsel meninjau lokasi kejadian kandasnya kapal KM Lestari Maju

Terkini.id, Selayar – Tragedi tenggelamnya kapal feri KMP Lestari Maju di perairan Selayar di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, Selasa 3 Juli 2018 kemarin, menyisihkan sejumlah pertayaan.

Di balik kecelakaan Kapal Feri KMP Lestari Maju, ternyata ada banyak fakta mengejutkan yang beredar di tengah masyakat masih simpang siur. Penasaran? Berikut fakta-faktanya :

1. Terdapat 35 Korban Jiwa

Hingga berita ini terangkat, tercatat ada 35 korban jiwa atas insiden tragedi tenggelamnya Kapal Motor Lestari Maju di perairan Selayar. Hingga saat ini masih saja dilakukan evakuasi

2. Terdapat uang Bank BPD Sulselbar senilai Rp 30 Miliar

Uang BPD KMP Lestari

Dalam insiden ini diketahui terdapat uang milik Bank Sulselbar yang akan diperuntukkan buat pembayaran gaji pegawai se Kabupaten Kepulauan Selayar yang berjumalh 430 orang pegawai.

Hingga berita ini turun, uang Bank Sulselbar tersebut berhasil diselamatkan saat proses evakuasi Selasa, 3 Juli sekitar pukul 23:00 Wita. Uang tersebut sudah berada di kantor cabang bank Sulselbar Kepulauan Selayar dan siap untuk disalurkan kepada para pegawai penerima gaji ke-13.

3. Mengalami kebocoran lambung kapal

Tragedi Kapal Motor Penumpang Lestari Maju
Tragedi Kapal Motor Penumpang Lestari Maju

Lambung kapal merupakan salah satu bagian kapal yang sangat rentang atas terjadinya kapal tenggelam jika terjadi kebocoran. KMP Lestari Maju ini dinyatakan tenggelam karena kebocoran lambung ini.

4. Sejumlah Barang Meluber keluar ke laut

Mobil yang diangkut KM Lestari Maju ikut tenggelam Selasa 3 Juli 2018
Mobil yang diangkut KM Lestari Maju ikut tenggelam Selasa 3 Juli 2018

Sesudah terjadinya peristiwa tenggelamnya kapal KMP Lestari Bangun, banyak barang yang meluber keluar karena terbawa arus besar. Tidak sedikit nelayan yang menjarah barang-barang yang meluber ke laut.

5. Mesin Kapal Mati

Kapal KM Lestari yang tenggelam,Selasa 2 Juli 2018. (Ist)

Yang satu ini sangat penting Karena mesin adalah jantung dari sebuh kapal. Apalagi dalam keadaan cuaca buruk. Pada kapal yang memiliki panjang 48,48 meter dan lebar 16,50 meter serta berat GT 1.519 berbahan dasar baja ini mengalami kematian mesin sementara ombak mencapai 2,5 meter, jadi tidak ada perlawanan kapal terhadap ombak.

6. Penumpang Panik

KM Lestari
Proses evakuasi penumpang KM Lestari terus dilakukan

Diketahui saat kapal mengalami kemiringan sekitar pukul 15:15 WITA bersamaan dengan ombak besar, hujan deras dan angin kencang sejumlah penumpang mengalami kepanikan ketika kapal diarahkan ke daratan terdekat namun tidak sedikit diantara mereka melompak kedalam air hingga terbawa arus karena tidak tahu berenang. Selain itu banyak yang salah memasang pelampung.

7. Dirawat Di Tiga Lokasi

Bayi yang ditemukan selamat saat tragedi KM Lestari Maju (ist)

Korban selamat dari tragedi KM Lestari Maju dirawat di tiga lokasi berbeda. Korban selamat maupun tewas yang dievakuasi tim SAR gabungan menunjukkan perbedaan dengan manifes KM Lestari Maju. Mulanya, beredar manifes kapal nahas itu sebanyak 139 penumpang ditambah 48 kendaraan. Lalu, merujuk data posko SAR, dikoreksi manifes KM Lestari mencapai 164 orang.

8. Manifes Melebih Penumpang yang Dievakuasi

Tragedi Kapal Motor Penumpang Lestari Maju
Tragedi Kapal Motor Penumpang Lestari Maju

Jumlah manifes yang baru diterima  Basarnas Makassar pada Rabu 4 Juli 2018 penumpang KMP Lestari Maju ternyata berjumlah 164 orang. Sebelumnya dikabarkan kapal tersebut mengangkut 139 penumpang yang benar adalah 164 orang dengan rincian 144 orang penumpang saja yang terdaftar nama dan yang 20 orangnya merupakan penumpang no name dan buka penumpang gelap tetap beli tiket jasa perjalanan bus dari Makassar ke Selayar. .

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Isu Soal Berhenti Total Selama Tiga Hari Itu Hoaks!

Jokowi: Kepergian Glenn Fredly Adalah Kehilangan Besar Bagi Dunia Musik Indonesia

Warga Gowa Diminta Beli Masker Buatan Penjahit Lokal

Negara-negara Disebut Sedang ‘Bertempur’ Incar Alat Tes Corona

Glenn Fredly Meninggal Saat Putrinya Masih Berusia Sebulan Lebih

Di Tengah Pandemi Covid-19, Warga Tanjung Bunga Kompak Berbagi

700 Orang Meninggal Sehari, Kota New York Kini Lebih Mematikan dari Wuhan

Postingan Terakhir Glenn Fredly Sebelum Meninggal untuk Istri Tercinta Mutia Ayu

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar