Berkat Teknologi Apple Watch Ini, Pria 67 Tahun Selamat saat Jatuh

Terkini.id, Jakarta – Apple Watch punya fitur pendeteksi ketika penggunanya terjatuh.

Fitur pendeteksi jatuh yang dimiliki perangkat Apple Watch Series 4 ini pun secara tidak langsung menjadi penyelamat nyawa seorang pria di Norwegia.

Saat ditemukan, pria berumur 67 tahun tersebut pingsan bahkan berlumuran darah di kamar mandi.

Dilansir dari 9to5mac, pria yang diketahui bernama Toralv Ostvang tersebut diketahui pergi ke kamar mandi saat tengah malam lalu jatuh tak sadarkan diri hingga perangkat Apple Watch yang digunakannya tersebut secara otomatis melakukan panggilan darurat.

Beruntung, polisi langsung menerima alarm tersebut dan cepat tanggap hingga langsung ditindak medis.

Putri dari Ostvang bercerita, ayahnya sudah sering jatuh bahkan mengalami patah tulang di wajahnya.

Ia pun mengatakan tak bisa membayangkan apa jadinya jika ayahnya tidak mengenakan jam pintar buatan Apple tersebut.

“Itu bisa menjadi jauh lebih buruk. Sepanjang pagi kami bertanya, ‘Apa yang terjadi jika dia tidak memakai jam tangan pintar?’ Dia tidak membawa ponselnya di kamar mandi. Luar biasa dia mendapat bantuan cepat dari alarm, sampai polisi menemukannya. Itu adalah kejatuhan yang serius, mungkin itu menyelamatkan hidupnya,” ujarnya.

Ditambahkan sang putri, ayahnya terlalu cuek untuk memiliki alat-alat yang bisa membantunya jika hal bahaya menimpa dirinya. Beruntung, ayahnya mau dibujuk menggunakan jam tangan pintar Apple series 4 yang memiliki fitur pendeteksi jatuh.

Seperti diketahui, fitur ini tersedia di Apple Watch Series 4 untuk pengguna yang berusia di atas 65 tahun.

Fitur ini bisa mendeteksi saat penggunanya jatuh, karena ketika pengguna jatuh, maka akan akan muncul pertanyaan apakah baik-baik saja atau tidak.

Jika tidak ada jawaban dalam waktu satu menit tidak ada jawaban, maka secara otomatis fitur ini akan memanggil nomor layanan daurat dan membagikan lokasi pengguna.

Ini bukan pertama kalinya deteksi jatuh Apple Watch berguna menyelamatkan seseorang. Pada Oktober lalu, seorang pengguna di Swedia juga diselamatkan oleh Apple Watch kala tiba-tiba mengalami cedera punggung dan jatuh ke lantai.

Berita Terkait
Komentar
Terkini