Berkunjung ke Bulukumba jangan lupa nikmati keindahan Masjid DatoTiro

Masjid Islamic Center Dato Tiro salah satu destinasi wisata di Bulukumba wajib Anda kunjungi.

Terkini.id,Bulukumba РBulukumba bukan hanya dikenal dengan wisatanya baharinya yang luar biasa indah namun juga kebudayaannya yang unik.Salah satu Masjid yang  diresmikan tahun 2014 oleh Bupati Bulukumba, H. Zainuddin Hasan ialah Masjid Islamic Center Dato Tiro.

Pembangunan masjid ini sebenarnya terbilang cukup lama yakni sejak tahun 2000 yakni sejak kepemimpinan Bupati Bulukumba saat ini Patabai Pabokori,namun entah kenapa pembangunan masjid ini terbengkalai dan baru tahun 2010  pembangunannya kembali dirintis Bupati terpilih .H.Zainuddin Hasan yang merupakan salah satu janji kampanyenya saat itu.

Dari segi arsitektur masjid yang diresmikan pada 1 Ramadan 1435 H atau bertepatan tanggal 28 Juni 2014 ini tidak kalah cantiknya dengan masjid masjid yang ada di ibukota.

Nama masjid ini sendiri diambil dari nama pembawa agama Islam pertama di Bulukumba yakni Dato Ri Tiro pada tahun 1603 Masehi. Perpaduan warna antara bangunan kubah dan dinding eksterior masjid juga sangat serasi. Sehingga masjid ini dari kejauhan sudah terlihat sangat megah dan indah.Melihat bagian dinding luar masjid ini dicat dengan warna putih, krem, dan biru dongker.

 

Sementara untuk kubah kecil yang dibangun dipuncak menara diberi warna biru muda yang menyesuaikan dengan warna kubah besarnya. Sedangkan dibagian dinding masjid bagian luar juga ditambahkan dengan hiasan berupa gambaran batik yang menyesuaikan dengan motif kubah besarnya juga.

Keindahan motif dindingnya sangat mencolok sehingga berkesan sangat khas. Motif motif di dinding bagian dalam juga sama dengan motif dinding luar masjid. Terutama untuk motif dinding yang ada diatas tiang masjid ini.

Tiang masjid bagian luar sendiri diberi cat biru dongker sementara untuk tiang penyangga dalam masjid diberi warna yang lebih cerah yakni berwarna kream menyesuaikan warna motif dinding masjidnya.

Untuk bagian kubahnya, masjid ini memiliki satu kubah induk dengan kubah pendamping di sekeliling kubah induknya. Bagian ujung menara juga dibuat kubah kecil sebanyak 2 buah. Untuk kubah utama dan kubah pendamping memiliki motif seperti motif batik, namun ada motif kotak kotaknya atau belah ketupatnya. Jenis kubah ini sudah jelas adalah kubah panel enamel.

Paduan warna kubah utama dan pendamping ialah antara warna biru tua, biru muda dan warna putih. Pada pintu utama masjid ini ada anak tangga sebagai pengantar para jamaah masuk didalam masjid. Di sebelah kanan dan kiri juga dibuat juga terdapat tangga untuk para jamaah yang ingin kelantai dasar. Di masjid ini juga terdapat jendela besar yang akan membuat para jamaah merasa nyaman berada di dalam masjid.

Di dalam masjid juga terpasang plafon dengan penambahan ornamen-ornamen didalamnya seperti adanya tulisan kaligrafi.
Suasana masjid terasa adem dari lantai marmer yang dingin dengan hembusan angin segar dari jendela-jendela besar di sisi kiri kanan masjid.

Sehingga masjid ini selalu menjadi pilihan favorite warga Bulukumba untuk melaksanakan salat Jumat dan hari raya besar umat Islam dengan kapasitas mencapai 5000 orang.

Masjid yang memikiki dua lantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti tempat wudhu yang dipisahkan antara jamaah laki laki dan jamaah perempun dan juga sejumlah wc di dalamnya yang juga menmisahkan antara wc laki laki dan wc perempuan.

Dilantai dasar saat hari jumat masjid ini dipenubi para pedagang yang menjual beraneka jenis dagangan seperti baju,sepatu,obat obatan dan makanan.Bukan hanya itu saat ramadhan tiba lantai dasar masjid ini tak luput dari pedagang yang menjual pakaian untuk lebaran.

Di sampaing masjid ada sejumlah kios pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman sehingga masjid ini selalu menjadi tempat persinggahan yang sangat rekomended bagi para pengendara.

Kecantikan dan keindahan masjid ini selalu membuat siapa saja yang datang pasti tak mau menyianyiakan kesempatan untuk berswafoto baik itu dengan latar masjid ataupun latar taman dengan lampu hias yang berada di depan masjid.

Keindahan masjid ICDT ini akan lebih menakjubkan bila dilihat pada malah hari lampu lampu yang manghiasi masjid ini memberi kesan kilauan keemasan yang sangat menakjubkan.

Berita Terkait