Berusaha Melarikan Diri dengan Menyamar Jadi Kru Kapal, Mantan Wapres Maladewa Ditangkap

Maladewa
Mantan Wakil Presiden Maladewa, Ahmad Adeeb. (Foto: Dhakatribune)

Terkini.id, Maladewa – Mantan Wakil presiden Maladewa, Ahmed Adeeb sempat divonis penjara oleh pengadilan setempat. Ia dinyatakan bersalah karena terlibat dalam komplotan untuk membunuh presiden Maladewa ketika itu.

Seperti dilaporkan BBC pada 2016 silam, Ahmed Adeeb dijatuhi hukuman 15 tahun penjara setelah sebelumnya divonis bui 10 tahun atas kepemilikan senjata api.

Dilansir dari The Hindu, Ahmed Adeeb ditangkap pada Kamis, 1 Agustus, di pelabuhan India, Tuticorin, Negara Bagian Tamil Nadu.

Ia ditangkap saat berusaha masuk secara ilegal ke India dengan menyamar sebagai anggota kru sebuah kapal tunda.

Adeeb diduga hendak melarikan diri ke India. Namun usahanya tersebut gagal lantaran dicegat Penjaga Pantai di dekat Pantai Thoothukudi, Tamil Nadu.

Pihak otoritas setempat mengatakan bahwa kapal tunda berbendera Mongolia itu telah meninggalkan Maladewa pada 29 Juli dan mencapai dekat pantai Thoothukudi pada Kamis, sekira pukul 12 siang waktu setempat.

“Penjaga Pantai telah mencegat kapal itu berdasarkan informasi tentang pelarian Adeeb dari otoritas Maladewa,” kata Otoritas Maladewa.

Selain Adeeb, kapal tunda tersebut mengangkut 9 kru, delapan diantaranya merupakan Warga Negara Indonesia dan satu orang warga India.

Komentar
Terkini