Besarnya potensi wisata halal di Makassar

Masjid 99 kubah yang sementara dibangun di Makassar merupakan salah satu destinasi yang pontensial. (instagramcom/lukmanzyah_id)

Terkini.id – Segmen wisata halal meningkat pesat akhir-akhir ini. Bahkan, Indonesia saat ini  menempati rangking kedua destinasi halal dunia.

Prestasi ini berdasarkan riset sekaligus penilaian dari Global Muslim Travel Index (GMTI)  yang dirilis oleh Mastercard-CrescentRating.

Indonesia masuk peringkat kedua sebagai tujuan wisata muslim dunia pada 2018. Di tahun sebelumnya, Indonesia berada di peringkat ketiga.

Posisi teratas masih milik Malaysia dengan skor 80,6, sementara Indonesia dan UAE memiliki skor sama 72,8 disusul, Turki 69,1 dan Arab Saudi 68,7.

Untuk ukuran Indonesia, Lombok NTB masih menjadi favorit destinasi halal, dan tentunya Makassar punya potensi besar untuk itu hal ini bisa dilihat dari jumlah jamaah haji dan umrah yang merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Baca juga:

Destinasi seperti Rammang-rammang juga tinggal dipoles, kuliner dan akomodasi hotel serta restoran juga sangat mendukung.

Beberapa hotel menyajikan masakah kuliner halal di Makassar (instagram.com/grandclarion)

“Perlu digalakkan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku industri tentang wisata halal di Makassar dan peran pemerintah kota beserta stakeholder dapat menjadi pemicu percepatan wisata halal di kota Makassar ini,” jelas Nurhayat Sekretaris Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Sulampua.

Al Jasiyah Travel sendiri sedang fokus menggarap segmen wisata halal.

Untuk diketahui, AMPHURI sendiri akan menggelar Pameran umrah dan halal dan moslem tour berkonsep one stop shopping, yakni Amphuri Islamic Travel Expo (AITE)  pada Juli 2018 mendatang.

Event AITE tersebut akan digelar di Mall Ratu Indah (MaRI), 20-22 Juli 2018 mendatang, dan dihadiri para pelaku travel wisata halal, umrah, hingga maskapai penerbangan, vendor, operator haji dan umrah, dan perbankan.

Komentar

Rekomendasi

Pemerintah Ajak Pelaku Wisata Selam Siapkan Strategi Promosi Pasca Pandemi

Bantu Penanganan Covid-19, NRA Group Serahkan 15 Ton Beras ke Pemkab Gowa

Antisipasi Lonjakan Wisata, Berikut Himbauan Menparekraf Wishnutama

Taman Wisata Puncak Bila Tutup Sementara, Ini Alasannya

Wabah Covid-19, Sektor Pariwisata Kota Makassar Anjlok

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar