Besok, warga Makassar bisa saksikan atraksi pesawat di langit Losari

Tujuh pesawat aerobatik di sambut oleh siswa saat tiba di Landasan Udara Hasanuddin ./ Herman Kambuna

Terkini.id, Makassar – Tujuh pesawat aerobatik disambut dengan bahagia oleh puluhan siswa SD hingga SMA saat peswat tiba di Landasan Udara Hasanuddin, Selasa siang tadi, 5 September 2017.

Kehadiran pesawat ini rencananya akan meramaikan opening Makassar International Eight Festival and Forum (F8) dengan menampilkan airshow atau demonstrasi udara di langit Anjungan Losari Makassar, besok Rabu 6 September 2017.

Pangkoopsau II Marsda TNI, Yadi Indrayadi Sutanandika mengatakan, ketujuh pesawat Jupiter itu berasal dari Lanud Adi Sucipto Yogyakarta yang didatangkan khusus untuk warga Makassar dan F8.

“Pesawat ini dari Yogyakarta didatangkan khusus untuk F8. Warga Makassar bisa lihat langsung aksi pilot yang sudah terlatih ini. Pesawat yang diterbangkan sebelumnya transit di Lanud Ngurah Rai, Bali, lalu ke terbang ke Makasaar,” kata Yadi.

Ia menyebutkan, para pilot akan mempersembahkan berbagai formasi dan manuver aerobatik di F8, seperti diamond, heart, leader benefit, box, barrell roll serta manuver lainnya.

“Jadi, warga Makassar harap datang dan saksikan. Ini gratis warga Makassar bisa lihat langsung,” lanjut Yadi.

Tidak hanya itu, pesawat Sukhoi rencananya juga akan melakukan atraksi udara.

Selai itu, tidak ketinggalan atraksi pasukan terjun payung, parasailing, dan berbagai kejutan-kejutan lainnya akan disajikan dalam hajatan akbar ini.

Tujuh pesawat Jupiter berbaris rapi setelah tiba di Landasan Udara Hasanuddin. / Herman Kambuna

Sementara itu, Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengakui keterlibatan Jupiters dan aneka demo udara dalam F8 diakui oleh memiliki prestise tersendiri bagi kota Makassar.

“Kita sangat bersyukur pesawat Jupiters bersama sukhoi akan tampil di pembukaan F8 yang akan melakukan berbagai manuver dan gerakan aerobatik di langit Makassar. Ini menandakan Makassar siap menjadi kota dunia, tempat pelaksanaan event-event skala internasional,” kata Danny Pomanto.

Aerobatik pesawat Jupiters dikomandoi oleh Komandan Wingdikter Kolonel Penerbang Bonang Gautama. Para pilot penerbang pesawat Jupiters adalah instruktur penerbang pesawat latih milik TNI Angkatan Udara.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Kerusuhan 22 Mei, Enam Orang Tewas

Terkini.id, Jakarta - Apa yang menjadi kekhawatiran banyak pihak pada 22 Mei 2019 benar-benar terjadi.Pihak pemerintah mencatat, sudah 6 orang tewas akibat kerusuhan yang