Bhayangkari Polres Jeneponto akan perkenalkan tari ritual olle

Ibu Bhayakari polres Jeneponto saat gladi tari ritual olle di depan Mapolres Jeneponto/Syarief

TERKINI.id, JENEPONTO – Bhayangkari Polres Jeneponto akan memperkenalkan tari ritual Olle. Tari tradisional yang tumbuh dan berkembang secara turun temurun oleh masyarakat di Jeneponto.

Tari tradisional umumnya memiliki nilai historis yang tinggi, pedoman yang luas, dan berpijak pada adaptasi adat istiadat lingkungan sekitar tempat tumbuhnya tarian terset.

Seperti Tari Olle yang di miliki oleh kabupaten Jeneponto, menurut sejarahnya tari Olle merupakan tarian ritual yang hanya dipentaskan satu kali dalam setahun yakni pada saat pegelaran Je’ne-je’ne Sappara di Kecamatan Tarowang Jeneponto.

“Tari Olle Bukan sekedar gerak, Tari ini memiliki sejarah, tari Olle hanya dipentaskan sekali setahun, pada saat je’ne-je-ne Sappara di Tarowang,”kata Kusuma Jaya salah seorang pemerhati muda kebudayaan Jeneponto.

Kusuma yang juga seniman muda Jeneponto, menuturkan, bahwa dalam pelaksanaan budaya tradisional Je’ne-je’ne Sappara, bukan hanya sekedar untuk mandi – mandi dilaut saja, tapi menurut ada ritual benda pusaka kerajaan Tarowang yang dilaksanakan.

“budaya tradisional Je’ne-je’ne Sappara di Tarowang itu diawali dengan acara ritual benda pusaka kerajaan Tarowang, pada saat benda pusaka kerajaan itu diturunkan dari tempatnya, Tarian Olle ini yang mengantar benda pusaka itu,”Tutur Kusuma

Baca :Satnarkoba Polres Jeneponto Sosialisasi Bahaya Narkoba di Sekolah

Tari Olle itu, yang hanya dipentaskan sekali setahun, akan diperkenalkan oleh ibu-ibu Bhayangkari Polres Jeneponto pada festival yang akan diselenggarakan waktu dekat ini yang akan digelar Polda Sulsel.

“insya Allah bhayakari Polres Jeneponto akan tampil dengan tarian tradisional ritual Olle di pestival budaya tradisional yang akan di gelar Polda Sulsel dalam rangka memperingati hari HUT RI ke 72,”Kata Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto kepada makassar.terkini.id lewat telepon selulernya, Sabtu, 12 Agustus 2017.

Komentar

  • Kontak Informasi Makassarterkini
  • Redaksi: [email protected]
  • Iklan: [email protected]