BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan Tetap Tinggi, Kisaran 7,7 Persen

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 dengan tema Sinergi, Transformasi, Inovasi menuju Indonesia Maju, di Hotel Claro Makassar, Kamis 5 Desember 2019.

Terkini.id — Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 dengan tema Sinergi, Transformasi, Inovasi menuju Indonesia Maju, di Hotel Claro Makassar, Kamis 5 Desember 2019.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Direktur Bank Indonesia Kantor perwakilan Sulsel, Bambang Kusmiarso memprediksi, pertumbuhan ekonomi Sulsel di tahun 2020 tetap tinggi, yakni di kisaran 7,7 persen.

“Konsumsi rumah tangga dan sektor pertanian masih menjadi penopang ekonomi Sulawesi Selatan,” sebut Bambang Kusmiarso.

Kegiatan yang bertema Sinergi, Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Maju tersebut, Bambang menyampaikan pandangan Bank Indonesia melalui evaluasi ekonomi untuk tahun 2019 dan prospek pertumbuhan ekonomi di tahun 2020, yang bertujuan memperkuat pertahanan dan mendorong ekonomi nasional Sulawesi Selatan

“Ada 5 karakter penting yang perlu kita cermati dari pertumbuhan ekonomi, antara lain pertumbuhan global turun drastis dan belum pulih di tahun 2020, diperlukan sinergi antara bauran kebijakan nasional, volaritas arus modal asing dan nilai tukar berlanjut, ekonomi dan keuangan digital meningkat pesat, teknologi digital mempengaruhi perilaku manusia,” jelaskan.

Sementara, dalam arahannya, Andi Sudirman menyampaikan perihal komitmen Pemprov Sulsel untuk terus bersinergi bersama sektor perbankan.

“Ketika kita melihat perkembangan ekonomi di Sulawesi Selatan, selalu di atas nasional, melihat perkembangannya, kita harapkan tahun berikutnya bisa berkembang lebih baik,” ucap Andi Sudirman.

Andi Sudirman menambahkan, bersama Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah, Sulsel terus melakukan terobosan di beberapa sektor potensial agar dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Pada triwulan ketiga 2019, pertumbuhan ekonomi Sulsel mencapai 7,21 persen (y-o-y). Nilai ini berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang bertengger di kisaran angka 5 persen.

“Kami di tahun pertama bersama bapak Gubernur Prof Nurdin Abdullah, melakukan pembangunan luar biasa di Sulsel termasuk infrastruktur. Karena memang, kita berupaya menciptakan perekonomian baru yang tumbuh di Sulawesi Selatan, tidak berpusat di Makassar saja. Persebaran pertumbuhan ekonomi untuk Kabupaten/Kota di Wilayah Sulsel tentu harus diperhatikan dan menjadi fokus tersendiri,” tambahnya.

Wagub menyampaikan, Pemprov Sulsel juga terus membuka ruang diskusi untuk menjalin sinergi dengan semua pihak yang mampu memberi andil positif untuk perkembangan Sulawesi Selatan.

“Kami, Pemerintah Sulsel terbuka untuk ruang diskusi, untuk duduk bersama membangun sinergitas dan memberi andil positif pada pembangunan,” sebutnya.

Saat ini, lanjut Andi Sudirman, Pemprov terus mengoptimalkan berjalannya program prioritas Sulawesi Selatan diantaranya pembangunan jalur dan fasilitas destinasi pariwisata di Sulsel.

Komentar

Rekomendasi

Sekda Abdul Hayat Resmi Lantik Empat Pejabat Eselon II

Andi Sudirman Sulaiman Paparkan Potensi Sulsel di Hadapan Konjen Australia

Ismail Bachtiar Minta Pemerintah Cek Semua Jembatan Tua di Sulsel

Gubernur Sulsel Minta Agar Toilet Eksklusif Bintang Lima Dibangun di Objek Wisata Lejja

Gubernur Sulsel Menikmati Sensasi Permandian Air Panas Lejja, Ini Manfaatnya

Waspda Virus Corona, Bid Dokkes Polda Sulsel Lakukan Ini

Pemprov Sulsel Terima Rp844 Miliar Lebih Dana Bantuan KPM Tahun 2020

Lies F Nurdin Peduli Anak Berkebutuhan Khusus

DPW PKB Sulsel Apresiasi Kontribusi Kadernya Untuk Pileg 2019

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar