BI Sulsel: Inflasi Terkendali Selama Ramadan 2019

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso (kedua kiri) saat halal bihalal, Rabu 12 Juni 2019.(ist)
Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso (kedua kiri) saat halal bihalal, Rabu 12 Juni 2019.(ist)

Terkini.id, Makassar – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan, mencatat laju inflasi pada Mei 2019 lalu sebesar 0,76 persen dibanding bulan sebelumnya (month-to-month/mtm), dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 138,28.

Kepala Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, menyebutkan, inflasi yang terjadi pada bulan Mei tersebut terkendali.

“Kalau secara year-to-date (Januari-Mei 2019) laju inflasi kan sebesar 1,76 persen, sementara secara year-on-year (dibanding Mei 2018), sebesar 3,74 persen. Ini terkendali,” terang Bambang saat halal bihalal BI Sulsel, Rabu 12 Juni 2019.

Dia mengungkapkan, secara histori, inflasi memang cenderung naik saat Ramadan, karena tingginya permintaan. Namun kali ini cukup terkendali.

“Oleh karena itu kita sangat berterima kasih kepada pemerintah kota Makassar, Pemerintah Provinsi Sulsel bersama-sama tim TPID, Bulog, Kepolisian, karena inflasi bisa terkendali dengan baik,” kata Bambang Kusmiarso yang didampingi Direktur BI Sulsel Amanlison Sembiring, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Johnson Pasaribu, serta jajaran pimpinan BI Sulsel.

Dia pun berharap, inflasi Sulsel hingga bisa stabil dan terkendali hingga akhir tahun ini.

Pengaruh Harga Tiket

Menurut dia, meskipun inflasi terkendali, kenaikan harga tiket pesawat memberi pengaruh yang cukup besar.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan Mei 2018 lalu, harga tiket memang cenderung tinggi dan mempengaruhi inflasi yoy.

“Penyumbang inflasi tahunan (yoy) itu sebagian besar dari angkutan udara. Faktor angkutan udara ini yang cukup tinggi kenaikannya,” kata dia.

Dari data BPS, seperti dilansir terkini.id dari laman resmi bps.sulsel, tercata laju inflasi dari sektor transportasi, komunikasi dan jasa keuangan mencapai hingga 5,21 persen secaya year-on-year (yoy).

Sementara secara bulanan (mtm), inflasi lebih banyak dipengaruhi oleh kebutuhan sandang pangan yang tumbuh hingga 1,63 persen (mtm).

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

Dinas PU Makassar Usul Lomba Sanitasi Award

Terkini.id, Makassar - Pemerintah Kota Makassar tengah menyusun Peraturan Wali Kota (Perwali) ihwal Pemberian Penghargaan kepada Masyarakat Kota Makassar tahun anggaran 2019.Hal itu disampaikan