Bisa Berakibat Fatal, Ini 3 Kesalahan Wanita Saat Memakai Pembalut

Ilustrasi

Terkini.id – Bagi seorang wanita mungkin sering direpotkan dengan waktu haidnya, sebab ketika tamu bulanan itu tiba kadang seorang perempuan harus cepat untuk menggunakan pembalut.

Pembalut sendiri adalah sesuatu yang wajib disiapkan bagi kaum hawa. Itu karena harus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apalagi saat perempuan sedang beraktivitas atau bahkan berada di depan umum.

Walau hanya digunakan selama beberapa hari dan dalam kurun waktu sebulan sekali, terkadang seorang perempuan sering melakukan kesalahan dalam mengunakan pembalut. Dan itu akan berakibat buruk bagi perempuan.

Untuk pembalut sendiri, kamu pasti memilih sesuai dengan kenyamanan kamu saat memakainya. Apapun mereknya, asal kamu nyaman, maka periode bulanan kamu pasti tidak akan begitu merepotkan.

Dilansir terkini.id dari manaberita, berikut ini 5 kesalahan pemakaian pembalut yang tidak banyak wanita ketahui.

1. Tidak mengganti pembalut selama berjam-jam.

Jangan hanya mengganti pembalut dua kali sehari. Jangan, bahkan sekalipun kamu sibuk, pastikan kamu menyempatkan diri untuk menggantinya.

Dr Uma Vaidyanathan dari Max Hospital di New Delhi mengatakan darah menstruasi dapat menyebabkan bau busuk dan jika bantalan tidak diganti secara teratur, ini bisa menyebabkan ruam dan bahkan beberapa infeksi.

Dia menambahkan, terutama tiga hari pertama menstruasi, kamu harus sering mengganti pembalutmu karena banyaknya darah yang keluar.

2. Tidak mengganti pembalut setelah buang air besar.

Ini harus kamu ingat selalu, buang air besar berarti mengganti pembalut. Karena bakteri yang ada di sekitar anus itu sangat banyak.

Bayangkan saja jika kamu masih memakai pembalut yang sama setelah buang air besar, bakteri akan semakin cepat berkembang biak dan tidak akan baik untuk kesehatan vagina. Yang terburuk adalah bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

3. Gonta-ganti merek pembalut.

Jika kulitmu termasuk kulit yang sensitif, maka pastikan kamu memilih pembalut berbahan lembut dan bukan plastik yang panas dan memicu terjadinya iritasi.

Jika kamu sudah menggunakan satu merk pembalut yang cocok, maka sebaiknya kamu tidak berganti-ganti ke merek yang lainnya karena itu hanya akan membuat kulitmu beradaptasi lagi karena teksturnya yang berbeda.

Berita Terkait
Komentar
Terkini