Bisa Lebih Produktif, Ini 6 Manfaat Besar Bersepeda untuk Para Pekerja

Balap Sepeda
Atlet Balap Sepeda. (Foto: Faktualnews)

Terkini.id, Makassar – Sepeda semakin digandrungi banyak masyarakat di Indonesia, khususnya setelah wabah pandemi covid-19 melanda.

Sejumlah komunitas Gowes pun terbentuk. Aktivitas bersepeda yang dilakukan oleh sekelompok pesepeda sudah ramai terlihat di berbagai jalanan di sejumlah kota.

Selain karena menyehatkan, aktivitas bersepeda dipercaya bisa membuat tubuh lebih fit, sehat, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit bahkan virus.

Rupanya, aktivitas bukan saja menyehatkan. Bagi para pekerja, aktivitas bersepeda juga membantu meningkatkan produktivitas bekerja saat di kantor.

Salah satu warga di Makassar, Andi Hudli Huduri, mengungkapkan bersepeda sudah menjadi aktivitas yang selalu dia lakukan. Tidak jarang, dia bersepeda dari rumah ke kantor.

Menarik untuk Anda:

“Sering bike to work, bahkan kalau sore saya bersama teman-teman komunitas sepeda gowes dulu keliling. Kadang ke Pantai Losari,” jelas Regional Manager Panin Bank Kawasan Indonesia Timur (KTI) itu.

Hudli yang merupakan Ketua Komunitas Sepeda FKIJK (Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan) Sulselbar, mengungkapkan, bersepeda bermanfaat untuk membangun silaturahmi antar-sesama, bahkan memacu produktivitas saat bekerja.

Berikut beberapa alasan pentingnya bersepeda bagi para pekerja kantoran:

1. Mengurangi Stres

Aktivitas di kantor yang padat, tentu mengakibatkan stres. Nah, aktivitas fisik seperti bersepeda, akan membuat tubuh Anda memprodukdi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang Anda alami. Sehingga, bekerja pun bisa lebih baik.

2. Lebih disukai atasan

Karyawan yang melakukan olahraga sebelum bekerja atau saat jam makan siang mampu meningkatkan motivasi mereka dalam bekerja dan mengurangi stres.

Terus termotivasi akan membuat pekerjaan kamu pun lebih baik. Pemimpin perusahaan pastinya lebih suka dengan karyawan yang punya motivasi lebih banyak dibanding karyawan lainnya.

3. Melatih Disiplin

Bersepeda bisa memicu Anda untuk bisa bangun lebih pagi, dan tidak tergesa-gesa melakukan aktivitas. Apalagi, dengan bersepeda, anda akan membantu mengurangi polusi udara, ya setidaknya kamu tidak menambahnya.

4. Menjaga tubuh selalu fit

Para pekerja pasti tahu, ada jatah cuti tahunan yang diberikan oleh perusahaan yang seharusnya digunakan untuk mendapatkan waktu libur di saat orang-orang sedang tidak libur.

Nah, tidak sedikit orang menggunakan untuk beristirahat di rumahnya karena sakit atau tubuh sedang tidak fit. Karena itu, kamu pun harus rajin-rajin berolahraga. Salah satunya rajin bersepeda supaya tidak mengalami seperti itu.

5. Buat lebih baik dalam olahraga lainnya

Teman kantor pasti ingin juga berolahraga. Tidak jarang beberapa kantor yang menerapkan main futsal, sepak bola, atau bola basket bersama minimal satu minggu sekali. Nah, kamu juga bisa jadi lebih baik dibanding orang lainnya karena sudah terbiasa berolahraga. Pastinya kamu tidak akan mudah lelah dan bergerak lebih ringan dibanding lainnya.

Tidak jarang juga sejumlah kantor besar mengadakan pertandingan antardivisi. Nah, di sini juga jadi ajang kamu membawa divisi kantor kamu untuk menjadi juara di pertandingan-pertandingan olahraga. Beruntunglah orang-orang yang rajin berolahraga.

6. Menambah teman dan menyebarkan energi positif

Walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak, bike to work person itu ada! Mungkin memang bukan orang-orang dari kantor atau perusahaan kamu. Ada juga karyawan dari perusahaan lain yang pastinya melakukan bike to work. Nah, kamu pun bisa menambah teman dan membuka peluang lebih besar lagi dalam hidup. Bukan tidak mungkin juga kamu bisa membuat sebuah komunitas baru.

Di samping itu, bersepeda ke kantor juga baik untuk orang lain. Saat orang-orang sedang melaju kencang dengan sepeda motor atau tersembungi di dalam mobil, kamu akan terlihat santai saat mengendarai sepeda. Di saat itu pula, kamu buat orang lain lebih bersemangat.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

7 Tindakan Pertama untuk Pertolongan Terhadap Serangan Jantung

Begini Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar