BMKG : hujan ekstrim guyur Makassar

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar Esti Kristantri memperlihatkan kondisi cuaca di Makassar dan sejumlah wilayah di Sulsel / Sulpikar

Terkini.id, Makassar – Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar Esti Kristantri mengatakan, hujan yang terus mengguyur Kota Makassar adalah hujan yang masuk kategori ekstrim. Hujannya singkat dan lebat. Tapi berulang-ulang.

“Selama beberapa hari ke depan masih berpotensi mengguyur Makassar,” kata Esti kepada Makassar Terkini, Rabu 14 Maret 2018.

Selain Kota Makassar, Esti menambahkan, bahwa untuk tiga  hari kedepan wilayah Maros, Pangkep, Barru dan Gowa juga masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

“Umumnya hujan terjadi pada malam hari hingga dini hari kemudian berlanjut hingga pagi hari,” tegas Esti.

Berbeda dengan wilayah Makassar dan sekitarnya, bagian wilayah timur seperti Sinjai dan Bulukumba diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada sore hari.

Menarik untuk Anda:

“Di wilayah Makassar disebabkan adanya konvergensi angin yang menyebabkan massa udara meningkat,” ungkap Esti.

Hujan yang terus menguyur Kota Makassar yang selama beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah titik dan ruas jalan di Kota Makassar mengalami banjir. Pohon tumbang juga terjadi di beberapa lokasi.

Pelaksana Tugas Wali Kota Makassar Syamsu Rizal mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Makassar terkhusus bagi para pengguna jalan agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Mengingat potensi hujan dan angin kencang yang semakin meningkat.

“Saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati mengingat potensi hujan semakin tinggi dan juga angin kencang yang saat ini melanda Makassar sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang banjir dan beberapa pohon tumbang,” tulis Deng Ical, sapaan Syamsu Rizal di akun instagramnya.

Ia mengaku, Pemerintah Kota Makassar terus melakukan beragam upaya untuk bisa mengatasi bencana banjir tersebut.

“Kami telah menggerakan seluruh tim dan aparat untuk secepat mungkin menangani dampak banjir yang terjadi di Kota Makassar,” katanya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Hanya Dokter Fadli Kandidat yang Punya Hubungan dengan Keluarga Besar Turatea

Proses Coklit 80,85 Persen, KPU Makassar: Warga Bisa Cek Datanya di Website

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar