Boeing 737 MAX yang Jatuh Ternyata Milik China, Lion Air Cuma Menyewa

Lion Air Jatuh
Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 yang dikabarkan hilang kontak take off Pukul 06.20 WIB seharusnya pesawat sudah mendarat di Pangkal Pinang pukul 7.20 WIB

Terkini.id – Fakta-fakta terbaru terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 terus terungkap. Teranyar, pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 yang jatuh di Perairan Karawang itu, bukan milik Lion Air.

China News Service (CNS), salah satu media massar terbesar milik China, membeberkan, ada sebuah perusahaan asal negara itu, yakni China Minsheng Investment Group Leasing Holdings Ltd (CMIG) yang merupakan pemilik pesawat Lion Air yang jatuh itu.

CNS disebut selama ini menyewakan pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 tersebut ke maskapai Lion Air, seperti dikutip dari The Washington Post, Kamis 2 November 2018.

CNS mengutip CMIG Leasing, yang mengungkapkan kesedihan mendalamnya atas kecelakaan tersebut dan menyatakan telah berkomunikasi dengan Lion Air, Boeing, serta organisasi lain.

Perusahaan Tiongkok itu menerangkan bahwa, sewa menyewa pesawat itu merupakan praktik umum bagi maskapai penerbangan melalui perjanjian dengan leasing selaku pihak ketiga.

CMIG Leasing sendiri adalah bagian dari kelompok CMIG. Perusahaan tesebut memiliki banyak jenis usaha, antara lain seperti logistik, energi, dan perawatan kesehatan.

Baca :Dokter Polri: Belum Ada Jenazah Korban Lion Air JT610 yang Utuh

Diserahkan pada 14 Agustus 2018

Chairwoman dan President CMIG Leasing Group, Wang Rong dan President Boeing Global Leasing, Jeremy Griffin. dengan logo pesawat Lion Air

Ada korelasi dengan kabar dari Lion Air bahwa pesawat tersebut mulai dioperasikan pada 15 Agustus 2018.

Sementara pada 14 Agustus 2018, pers rilis dari perusahaan tersebut tersebar, dan salah satunya dimuat di situs PR Newswire.

Disebutkan dalam press rilis tersebut, bahwa CMIG Aviation Capital, perusahaan penyewaan pesawat yang merupakan bagian dari CMIG, mengumumkan penyerahan Boeing 737 MAX 8 untuk dioperasikan oleh Maskapai Lion Air.

Dalam rilis itu, ada foto Chairwoman dan President CMIG Leasing Group, Wang Rong dan President Boeing Global Leasing, Jeremy Griffin.

Dalam foto berikutnya, Wang Rong tampak berpose di depan pesawat berlogo Lion Air serta spanduk dengan logo CMIG dan Lion Air.

Ada kutipan dari CEO Lion Air Group, Edward Sirait yang menyambut penyerahan pesawat itu. “Kami gembira memiliki CMIG sebagai pihak yang menyewakan kepada Lion Group dan kami tidak sabar untuk mempererat kerja sama bisnis ini,” kata Edward.