Masuk

Boyong Istri ke Festival Pinisi 2022, Danny Pomanto Kagum dan Sebut Bulukumba Tempat yang Indah

Komentar

“Melalui event ini, diharapkan menjadi ruang promosi pemasaran paket wisata, produk-produk UMKM, termasuk kuliner. Sehingga potensi budaya dan ekonomi kreatif yang bermuara pada daya tarik wisatawan dan tentu akan menggerakkan roda perekonomian kita,” kata Muh Jufri. 

Ia menambahkan, Pemprov Sulsel berharap Festival Pinisi ini, menjadi pemicu semangat untuk terus berprestasi serta memajukan kerajinan daerah sebagai potensi ekonomi yang dapat memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

“Mari kita dukung agar Festival Pinisi ini konsisten masuk dalam daftar event pariwisata di Indonesia. Bahkan di masa mendatang, Festival Pinisi diharap menjadi top event Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Resmikan Kopi Chuseyo, Wali Kota Makassar: Ini Tempat Luar Biasa

Sementara, Direktur Politeknik Kepariwisataan (Poltekpar) Makassar Muhammad Arifin mengaku kehadirannya di Festival Pinisi, diutus oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Arifin juga menjelaskan, Kemenparekraf menyampaikan apresiasi atas kolaborasi antara Pemda dan Pemprov dalam festival ini, sehingga perekonomian masyarakat akan tumbuh.

“Insya Allah kemajuan pariwisata di masa kini dan masa mendatang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Bulukumba,” kata Arifin, kemudian membuka secara resmi Festival Pinisi XII tahun 2022.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Kuliner Khas Kota Makassar

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas dimasukkannya Festival Pinisi ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022.

Capaian ini, lanjutnya harus dipertahankan dan tingkatkan, seraya terus mengevaluasi berbagai sisi kelemahan dalam menggelar berbagai kegiatan untuk semakin disempurnakan pada event berikutnya.

“Momentum Festival Pinisi ini diharapkan agar Pariwisata Bulukumba bangkit kembali, setelah dua tahun sebelumnya kita tidak dapat melaksanakan event wisata karena adanya pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya pariwisata Bulukumba adalah “Tambang Emas” yang harus dieksplor untuk kesejahteraan masyarakat

Baca Juga: Tanggapi Masalah Proyek IPAL, Wali Kota Makassar: Saya Akan Menyurat ke Menteri PUPR

“Bulukumba memiliki kekayaan dan keunikan budaya dengan keberadaan Adat Budaya Kajang dan tradisi pembuatan perahu Pinisi, yang satu-satunya ada di dunia,” bebernya lagi.

Lebih lanjut dikatakan, dalam mendorong pengembangan pariwisata, bukan lagi persaingan. Tapi yang dibutuhkan adalah saling mendukung dan melakukan kolaborasi dengan daerah lainnya. 

Hal ini sudah dilakukan saat pelaksanaan Makassar F8, dimana Bulukumba mengirim 3 perahu Pinisi untuk berpartisipasi pada event yang juga masuk dalam KEN 2022. Begitu juga tarian khas dari Kajang ditampilkan saat penutupan acara tersebut.

Diketahui, pada seremoni pembukaan Festival Pinisi ini, juga dihadiri oleh artis senior Donny Kesuma serta dua artis televisi lainnya Andrew Andika dan Soraya Rasyid.