Breaking News: Iran Tembak Kapal Sendiri saat Latihan, 19 Pelaut Tewas

Terkini.id – Latihan perang yang dilakukan angkatan lau Iran di Teluk Teluk Oman berujung petaka. Sebuah kapal perang milik Iran tertembak rudal sendiri, dan dilaporkan menewaskan 19 orang pelaut.

Peluru kendali Iran tersebut dilepaskan dalam latihan perang di Teluk Oman. Selain menewaskan belasan orang, puluhan lainnya luka-luka.

Melansir dari cnn, insiden tersebut terjadi di dekat pelabuhan Jask, sekitar 1.270 kilometer sebelah tenggara Teheran.

Rudal dilaporkan telah menghantam kapal Konarak, kapal pendukung kelas Hendijan, yang ikut serta dalam latihan tersebut. Selain menewaskan 19 orang, 15 orang lainnya dilaporkan terluka.

Televisi pemerintah menyatakan insiden salah sasaran tersebut sebagai sebuah kecelakaan.

Melansir dari Associated Press, Konarak dianggap terlalu dekat dengan target sehingga terkena rudal.

Media Iran mengatakan Konarak telah diperbaiki pada 2018 dan mampu meluncurkan rudal anti-kapal. Kapal buatan Belanda sepanjang 47 meter tersebut beroperasi sejak 1988 dan memiliki kapasitas 40 ton serta mampu mengangkut 20 pelaut.

Iran secara rutin mengadakan latihan di wilayah yang dekat dengan Selat Hormuz dan berada di mulut Teluk Persia.
Armada ke-5 Angkatan Laut Amerika Serikat yang memantau wilayah tersebut tidak segera memberi komentar.

Insiden kecelakaan latihan itu ditengarai cukup besar lantaran media Iran memberitakannya. Biasanya, media lokal jarang melaporkan kejadian selama latihan tersebut.

Untuk diketahui, Iran dan AS tengah bersitegang sejak Donald Trump secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir Teheran pada 2018 atau tiga tahun setelah menyetujui pembatasan kegiatan nuklir bersama Iran, Inggris, Rusia, Jerman, Prancis, dan China.

Bagikan