Makassar Terkini
Masuk

Bareskrim Polri Tetapkan Brigadir Ricky Rizal Sebagai Tersangka Baru dalam Kasus Kematian Brigadir J

Terkini.id, Jakarta – Bareskrim Polri telah menetapkan Brigadir Ricky Rizal (RR) sebagai tersangka baru dalam kasus kematian Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Anggota Kepolisian yang bertugas sebagai sopir dari Istri dari Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi itu dijerat pasal pembunuhan berencana.

Penetapan tersangka terhadap Brigadir  RR ini disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi. Andi awalnya hanya mengungkap bahwa Brigadir Ricky sudah ditahan di Bareskrim Polri.

“Sudah ditahan di Bareskrim,” kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dihubungi detikcom, Minggu 7 Agustus 2022.

Andi pun meluruskan pemberitaan bahwa ajudan dan asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo ditangkap oleh Timsus. Bharada RE dan Brigadir RR merupakan sopir dan ajudan istri Ferdy Sambo.

Selain itu, Andi juga mejelaskan Brigadir RR sudah ditetapkan menjadi tersangka.

“Namanya sudah ditahan, pasti sudah tersangka,” kata Andi.

Kata Andi, Brigadir RR disangkakan Pasal 340 KUHP. Pasal tersebut mengatur perihal pembunuhan berencana.

“(RR disangkakan) dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP,” kata Andi yang juga Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri itu.

Sebagai informasi yang dikutip dari Surabaya.tribunnews.com, sosok Brigadir Ricky Rizal pertama kali terungkap saat ia dan Bharada E atau Richard Eliezir dimintai keterangan di Komnas HAM beberapa waktu lalu.

Saat menjalani pemeriksaan pertama kali di Komnas HAM pada waktu itu, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bahwa Brigadir RR mengaku bersembunyi di balik kulkas saat peristiwa penembakan terjadi.

“Ricky itu dia dengar teriakan, dia keluar dari kamarnya yang di bawah, dan dia lihat Yosua menodongkan senjata ke atas, tembak-menembak, tapi dia tidak melihat Richardnya, Bharada E itu, dia enggak lihat orangnya (yang menembak),” kata Taufan saat dihubungi oleh wartawan, melansir dari Kumparan, Jumat 5 Agustus 2022.

Taufan juga menjelaskan berdasarkan kesaksian, Brigadir RR berada di lokasi kejadian setelah adu tembak selesai. 

“Setelah tembak-menembak itu barulah dia melihat, oh, ternyata Richard. ‘Ada apa Richard?.’ Richard diam aja gitu. Sekali lagi itu keterangan mereka (Ricky), kan,” jelas Taufan.

Informasi teranyar yang Terkini.id dapatkan dari berbagai sumber, penahanan terhadap Brigadir RR terhitung mulai Minggu 7 Agustus 2022 dan ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri.