Brilliant Yotenega Cetak Mimpi Penulis Pemula untuk Punya Nama Besar

Brilliant Yotenega

Terkini.id, Makassar – Brilliant Yotenega, tidak pernah bermimpi menjadi penulis. Namun kecintaannya pada buku yang datang bersama berbagai ilmu yang dia dapatkan dari buku, membuatnya merasa berutang.

Brilliant Yotenega pun berjanji untuk menulis buku setiap tahun. Dari kecintaannya pada buku itu pula, pria yang akrab disapa Ega ini mencatat prestasi besar karena bersama teman-temannya merintis dua startup yang kini sukses mewadahi puluhan ribu penulis untuk menerbitkan karyanya.

Dua startup itu adalah Nulisbuku dan Storial.co. Sejak dirintis tahun 2010 lalu, Nulisbuku kini sudah punya hingga 150 ribu member. Sedangkan Storial.co sudah punya hampir 100 ribu member sejak dirintis tiga tahun lalu.

“Storial dot co ini yang paling dahsyat pertumbuhannya,” cerita Brilliant kepada terkini.id, Senin 5 Agustus 2019 lalu.

Nulis Buku , Situs Self Publishing Pertama di Indonesia

Nulis Buku yang berupa laman nulisbuku.com, dihadirkan Ega bersama teman-temannya untuk mewujudkan mimpi para penulis pemula memiliki buku yang ditulisnya sendiri, hingga diterbitkan.

“Saya memulai startup ini karena kebetulan saya mencintai buku, dan mengerti teknologi. Jadi melalui wadah ini, teman-teman penulis bisa menerbitkan bukunya secara print on demand. Dicetak sesuai dengan permintaan dan kebutuhan,” kata Brilliant.

Dia menceritakan, awal mula ide membuat wadah penerbitan buku secara print on demand tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak 2005 silam.

“Tetapi baru terwujud tahun 2010 di Jakarta. Tepatnya Oktober 2010,” terangnya lagi.

Hingga saat ini, nulis buku tercatat sudah menerbitkan lebih dari 15 ribu judul buku untuk dicetak. “Satu judul buku rata-rata dicetak lebih dari seribuan eksemplar,” katanya.

Nulis Buku, kata dia, berfungsi sebagai katalog yang membantu para pembeli mengetahui kisi-kisi buku tersebut. “Saat mau dibaca, maka dipesan,” katanya.

Storial.co, Tumbuh Lebih Dahsyat

Ega mengaku minat penulis untuk melahirkan karya-karya tulisan sangat besar. Itu terlihat dengan pesatnya pertumbuhan member storial.co.

“Pertumbuhannya lebih dahsyat, karena cuma dalam waktu tiga tahun, sudah hampir 100 ribu member,” katanya.

Di Storial.co, penulis bisa mendapatkan penghasilan karena dibayar per bab buku yang mereka tulis.

“Storial.co itu kita buat menjadi wadah untuk para penulis pemula untuk membangun brand. Mereka kan biasanya belum punya ‘nama’, sementara penerbit biasanya maunya menerbitkan buku dari penulis yang sudah punya nama,” katanya.

Karena itu, storial.co hadir dengan tampilan yang nyaman untuk membaca, dan penulis menerbitkan karya-karyanya secara bersambung atau per bab buku.

“Jadi pembacanya penasaran, dan menunggu bab berikutnya yang ditulis oleh penulis tersebut. Sehingga nanti pembaca bisa terkenal dan punya nama. Nah, hasil dari penjualan buku penulis yang dibeli per bab itu, keuntungannya dibagi ke penulis dan storial.co,” katanya.

Buku-buku tersebut diterbitkan dengan kerja sama berbagai penerbit. Salah satunya Mizan dan Elex Media Komputindo.

Indonesia Writers Festival 2019

Brilliant Yotenega yang ikut memeriahkan event Roadshow Indonesia Writers Festival 2019, mengungkapkan antusiasme penulis yang makin besar.

“Kita roadshow ke sembilan kota, termasuk ke Makassar dan para penulis sangat antusias. Semua tiket roadshow semua dikunjungi dan penuh,” kata dia.

Berita Terkait