Budayakan bahasa Arab, Formasi dan Hamaasa gelar Daurah

Forum Alumni Syiar Islam Sinjai (FORMASI) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa dan Alumni Al Birr Sinjai (HAMAASA) menggelar Daurah Bahasa Arab guna membudayakan bahasa Arab

Terkini.id, Sinjai – Forum Alumni Syiar Islam Sinjai (FORMASI) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa dan Alumni Al Birr Sinjai (HAMAASA) menggelar Daurah Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syiar Islam Sinjai, Jalan Ahmad Dahlan Isma, Kabupaten Sinjai. 2-4 Februari 2018.

Seminar ini mengangkat tema “Merawat Peradaban Dengan Belajar Bahasa Arab” yang diikuti oleh sekitar 80 santri Pondok Pesantren Syiar Islam.

Arinal Hidayah Amsur selaku Ketua Panitia mengungkapkan tujuan diadakannya Daurah Bahasa Arab ini adalah untuk menambah khazanah keilmuan para santri.

“Mengajak mereka untuk menyadari pentingnya tahu bahasa Arab sebagai instrument terpenting untuk mengenal islam lebih dalam. Terutama, dalam memahami berbagai kutubutturas (kitab warisan para ulama) yang notabene semua menggunakan bahasa Arab dan masih sedikit yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia,” ujarnya.

Daurah Bahasa Arab yang dihelat Formasi bekerjasama Hamaasa berlangsung di Pondok Pesantren Syi’ar Islam Sinjai

Arinal juga menghimbau kepada selurus peserta yang mengikuti Daurah Bahasa Arab ini agar Bahasa Arab dijadikan sebagai Lifestyle¬†atau gaya hidup agar bahasa Arab sebagai bahasa Al Qur’an itu betul-betul dipahami.

Sementara Pimpinan Pondok Pesantren Syiar Islam Sinjai, H Asyrafurrijal mengungkapkan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada para pemateri yang hadir dari Ma’had Al Birr Makassar untuk berbagi ilmu kepada adik-adik di Pondok Pesatren Syiaar Islam.

Sekitar 80 santri mengikuti kegiatan Daurah Bahasa Arab

Asyrafurrijal kemudian mengutip sebuah hadist dan ayat Al Quran yang artinya, sebaik-baik manusia adalah yang belajar bahasa Arab lalu kemudian mengajarkannya, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang yang berilmu dengan dengan banyak keistimewaan atau derajat.

“Jadi, Allah Subhananahu Wataala berjanji akan mengangkat tinggi orang yang punya ilmu dan punya iman,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Bupati Sinjai Yakin Nurdin Abdullah Wujudkan Sulsel Jadi Provinsi Terbaik

Hadiri Pembukaan Susenas Tahun 2020, Berikut Pesan Bupati Sinjai

Tempuh Perjalanan Sehari Penuh, Relawan RPI Kunjungi Sekolah Pelosok di Sinjai

Gandeng FKM UPRI, P3AP2KB Sinjai Gelar Penyuluhan Narkoba dan HIV/AIDS

Gandeng FKM UPRI, DP3AP2KB Sinjai Gelar Penyuluhan Narkoba Untuk Pelajar

Hubungkan Desa, Vertical Rescue Bersama TNI Pasang Jembatan ke-78 di Sinjai

Alat Berat Tersangkut Kabel Listrik, Sopir Truk Tronton Tewas Kesetrum

Bangun Sinergi dengan Pemkab Sinjai, KMS UNM Gelar Dialog

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar