Budayakan kualitas layanan dan operasional, Garuda Indonesia gelar aircraft cleaning

VP PT Garuda Indonesia area Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, I Wayan Supatrayasa bersama ratusan karyawan dan karyawati beserta awak kabin Garuda Indonesia melakukan Aircraft Cleaning untuk meningkatkan budaya kualitas layanan dan operasional Garuda Indonesia. (Ft : Echa Panrita Lopi)

TERKINI.id, MAKASSAR – Maskapai nasional Garuda Indonesia secara bersama-sama dengan anak perusahaan PT Garuda Indonesia Group melaksanakan program “Aircraft Cleaning with Garuda Indonesia Group” di Bandara International Sultan Hasanuddin pada Jumat (4/8/2017). Acara ini digelar dengan tujuan untuk mendukung program peningkatan layanan kepada pengguna jasa melalui orientasi peningkatan budaya “operational excellence”di jajaran karyawannya.

Pantauan makassar.terkini.id di lokasi bersih-bersih pesawat tampak dua pesawat milik PT Garuda Indonesia masing-masing pesawat jenis Garuda Bombardier CRJ 1000 dan ATR dan ATR 72-600 yang dibersihkan oleh para karyawan dan cabin crew Garuda Indonesia BO Ujung Pandang. Tampak karyawan seluruh anak perusahaan Garuda Indonesia begitu antusias membersihkan sejumlah bagian pesawat. Beberapa sinergi anak perusahaan yang hadir seperti GMF Aero Asia, Aeroprima, Gapura Angkasa, bahkan sejumlah awak kabin (pramugari).

Program ini dipimpin langsung oleh VP PT Garuda Indonesia area Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, I Wayan Supatrayasa untuk melaksanakan program “Aircraft Cleaning with Garuda Indonesia Group” ini.

Menurut VP PT Garuda Indonesia area Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, I Wayan Supatrayasa mengatakan program ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Selain itu, juga untuk meningkatkan budaya keunggulan operasional maskapai Garuda Indonesia.

Baca :Utamakan kualitas layanan, Garuda Indonesia presentasi menu penerbangan 2018

“Budaya sinergi khusus untuk operasional ini diharapkan dapat menghasilkan kualitas layanan yang konsisten bagi penumpang Garuda Indonesia tidak hanya dalam penerbangan tetapi juga pada layanan darat”, ujar Wayan di sela-sela membersihkan beberapa bagian pesawat.

Lanjut Wayan menambahkan Garuda Indonesia telah sukses dinobatkan sebagai world’s top 10 Airlines dan World’s Best Cabin Crew, Garuda Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan konsistensi layanan. Tradisi pelayanan juga harus terus dipertahankan untuk mengemban kualifikasi sebagai maskapai bintang lima.

“Jadi kegiatan ini juga sebagai salah satu milistone Garuda Indonesia untuk mengejar Top 5 The World’s Cleanest Aircraft Cabins tahun 2018 mendatang”, imbuh mantan Manager Garuda Indonesia Korea Selatan ini.

Sementara General Manager Sulawesi & Eastern Line Maintenance Garuda Indonesia, Andriyono Novan Hartono mengatakan GMF selalu berkomitmen mendukung “operational excellence” Garuda Indonesia salah satunya dengan melakukan seluruh cleaning pesawat Garuda Indonesia.

“Saat ini GMF menerapkan metode “waterless washing” dalam proses pencucian pesawat Garuda Indonesia sehingga dapat menghemat air bersih untuk sekali pencucian pesawat”, ujarnya.

Baca :Garuda Indonesia siap terbangkan 107.959 CJH menuju Baitullah

Di samping itu, lanjut Andriyono menambahkan hal ini juga sebagai bentuk kepedulian GMF dalam menjaga lingkungan. Apalagi saat ini GMF telah dilengkapi dengan sertifikasi ISO 140001.

“Sertifikasi ini sebagai tanda kami telah mengaplikasikan Environmental Management System (EMS) untuk mengatasi isu lingkungan didalam perusahaan dengan baik,” ujar pria berkacamata ini.

Echa Panrita Lopi