Buka Bimtek Penyusunan Data Kelurahan, Begini Kata Sekda Palopo

Sekretaris Daerah Kota Palopo, H Jamaluddin

Terkini.id, Palopo – Sekretaris Daerah Kota Palopo, H Jamaluddin Mewakili Walikota Palopo, membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Dan Pendayagunaan Data Profil Kelurahan Tingkat Kota Palopo.yang digelar di Hotel Kamanre, Rabu 7 November 2018.

Sekda yang juga menjadi narasumber pada kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa bahwa jajaran kelurahan adalah salah satu ujung tombak pemerintah di garda terdepan. Sehingga peran dan fungsi kelurahan harus senantiasa diperkuat.

“Penguatan peran dan fungsi tersebut, salah satunya adalah melalui penyusunan data dan profil kelurahan,” ungkap Sekda.

Menurutnya, Keberadaan dan pembuatan profil kelurahan dinilai sangat penting sebab akan menjadi  dasar perencanaan program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten, bahkan pada tingkat nasional.

“Bahkan Profil setiap kelurahan bahkan menjadi kebutuhan banyak pihak untuk dijadikan dasar perhitungan anggaran. Dan terkait data ini juga sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” ungkapnya.

Menarik untuk Anda:

Ditambahkan sekda, dengan data yang lengkap diprofil kelurahan, maka diharapkan progres pembangunan akan mudah dievaluasi oleh semua pemangku kepentingan.

“Penyajian data profil kelurahan harus dilakukan seakurat mungkin dan perlu dilakukan up-dating secara periodik agar semua pemangku kepentingan dapat mengetahui perkembangan kelurahan dari waktu ke waktu,”tandasnya.

Sementara itu, Kabag Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Ardas Najariah, SP Menyampaikan Sistem informasi profil desa dan Kelurahan direktorat jenderal pemberdayaan masyarakat dan desa (Prodeskel PMD) merupakan  sistem informasi (aplikasi) berbasis Web (online).

Prodeskel PMD adalah sistem informasi yang pengelolaannya dibawah kendali direktorat jenderal pemberdayaan masyarakat dan desa kementrian dalam negeri.

Adapun tujuan yang hendak dicapai oleh prodeskel PMD lanjut Ardas,  bagaimana menjadi penyelenggara pusat data desa dan Kelurahan di seluruh Indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan.

“Melalui kegiatan ini dapat memaksimalkan pengisian profil Kelurahan melalui aplikasi ProDesKel yang berbasis Online dan Untuk mengetahui Klasifikasi dan kategori tiap-tiap kelurahan yang ada di kota Palopo,” jelas Ardas.

Adapun peserta kegiatan Bimtek diantaranya kepala seksi dan staf ASN yang menangani terkait Profil kelurahan di  kelurahan masing masing sebanyak 48 orang.

Turut hadir Kabag Pemerintahan Setda Kota Palopo, A.Bakhtiar, serta para peserta bimtek dari 48 Kelurahan se Kota Palopo.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pengurus Wilayah MES Sulsel Gelar Seminar Virtual, Ini yang Dibahas

ORARI Lokal Palopo Gelar MUSLOK VIII Tahun 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar