Bukan Pemda, Jembatan untuk Warga Sukamaju Sinjai Dibangun VRI dan TNI

Jembatan yang dibangun VRI bersama TNI. (istimewa)

Terkini.id, Sinjai – Masih ingat video anak sekolah yang berenang menantang maut menyeberangi sungai demi sekolah? Peristiwa itu terjadi di Dusun Banoa Desa Sukamaju, Sinjai.

Akhirnya, warga di Dusun Banoa Desa Sukamaju Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sinjai itu bisa bahagia. Itu saat pembangunan jembatan yang menghubungkan desa selesai dikerjakan.

Tim dari lembaga Vertical Rescue Indonesia (VRI) bersama-sama dengan TNI dari Kodim 1424 Sinjai telah merampungkan pembangunan jembatan di Sungai Kambuno selama 4 hari pengerjaan.

Warga dan sejumlah aparat desa yang hadir mengapresiasi dan sangat berterima kasih atas bantuan pembangunan jembatan tersebut.

“Awalnya kami tak percaya. Terima kasih atas bantuannya,” ucap Kepala Desa Sukamaju, Kamaruddin.

Jembatan gantung sepanjang 50 meter dengan lebar 120 sentimeter yang membelah sungai Kambuno itu dibangun dengan menggunakan tiang pancang yang dipasang di dua sisi sungai dengan ketinggian mencapai 4 meter dari dasar sungai.

Proses pembangunan jembatan (istimewa)

Jembatan ini juga dibentangkan tali sling dan juga menggunakan sedikitnya 50 meter kayu yang dipotong potong untuk dijadikan papan pijakan jembatan.

“Alhamdulillah respons warga di sini bagus. Kami dijamu dengan baik dan sudah seperti keluarga kami,” jelas Wahyu, salah satu Tim dari VRI.

Jembatan Sungai Kambuno tidak menggunakan konstruksi cor beton dan hanya menggunakan tali sling yang membentang dan berfungsi sebagai penahan beban yang di tanam di kedalaman 120 sentimeter bersama batu besar dan kayu sebagai penahan.

Jembatan yang sudah diresmikan (istimewa)

Untuk itu, warga yang ingin melintasi jembatan ini diharapkan antre dan hanya maksimal tiga orang saat menyeberang demi keamanan.

“Semoga jembatan ini makin mempermudah akses masyarakat. Namun yang terpenting adalah bagaimana warga memeliharanya,” pesan Komandan Satgas Seribu Jembatan Gantung VRI, Tedi Ixidiana, usai peresmian jembatan.

Tentang VRI

VRI adalah lembaga yang beralamat di Bandung, Jawa Barat. Lembaga ini adalah tempat berhimpunnya para pecinta alam dan pemanjat tebing. Salah satu programnya adalah pembangunan seribu jembatan gantung di Indonesia.

Hingga saat ini sudah 56 jembatan gantung yang dibangun VRI di berbagai daerah di Indonesia. Sungai Kambuno, adalah jembatan gantung pertama yang dikerjakan oleh VRI di Sulawesi Selatan.

Kurang Perhatian dari Pemda

Sebelumnya Kepala Desa Sukamaju Kamaruddin mengatakan bahwa pihaknya telah beberapa kali mengusulkan ke Pememerintah Daerah untuk pembangunan jembatan tapi tidak pernah ada respon.

Dan akhirnya bantuan justru datang dari pihak lain.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Sinjai

Pemkab Sinjai Siap Bermitra Dengan KMS UNM

Terkini.id, Sinjai - Pengurus Kesatuan Mahasiswa Sinjai (KMS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan silaturahmi ke pemerintah Kabupaten Sinjai.Dalam silaturahmi tersebut membahas rencana pelantikan dan