Bupati Barru Apresiasi Kinerja Aparat saat Amankan Demonstran 22 Mei

Bupati Barru, Suardi Saleh
Bupati Barru, Suardi Saleh

Terkini.id, Barru – Aksi demonstrasi yang dilakukan massa dalam rangka menolak Pemilihan Umum tahun 2019, yang digelar di depan Bawaslu dan sejumlah titik yang ada Ibukota Jakarta, sempat memicu bentrokan antara massa dan juga Aparat keamanan, pada 21-22 Mei 2019.

Aksi demontrasi yang berujung ricuh tersebut, membuat Aparat keamanan (TNI-Polri) harus mengambil langkah representatif dalam membubarkan massa yang ingin bermalam di lokasi demonstrasi.

Namun ternyata meskipun menghadapi sikap massa yang sedikit anarkis, tidak membuat aparat bertingkah di luar dari standar operasional pengamanan dan bahkan aparat tetap sabar dalam menghadapi demonstran yang makin malam makin melakukan tindakan yang berlebihan dan bahkan lemparan sejumlah bol molotov tidak membuat Aparat bertingkah semaunya.

Aksi Aparat yang tetap sabar dalam menghadapi rongrongan massa demonstrasi, mendapatkan pujian dari Pemerintah Kabupaten Barru, yang disampaikan langsung Bupati Barru, Suardi Saleh, saat ini sedang melaksanakan ibadah Umrah.

“Kinerja Aparat dalam mengamankan aksi 21-22 Mei 2019, sungguh luar biasa mskipun dalam ronrongan aparat namun ternyata mereka tetap sabar dalam menghadapi segala rongrongan dari peserta aksi, dan tetap sabar dalam melaksanakan tugas,”katanya.

Bahkan Suardi, mengaku, jika adanya sejumlah pihak yang melakukan kerusuhan pada malam hari, itu ternyata membuat sikap mengayomi Aparat tidak mudah runtuh dan tetap bertahan.

“Meskipun ada sejumlah simpul massa yang melakukan aksi perlawanan atau kerusuhan pada Aksi tersebut, ternyata tidak membuat aparat membalas namun lebih kepada sikap untuk tetap bertahan sambil berusaha mereda aksi berlebihan simpatisan dengan negosiasi dan mendorong mundur sesuai protap,”terang dia.

Diapun mengutuk tindakan perusuh dalam aksi menolak hasil pemilihan umum 2019, yang melakukan aksi kerusuhan dan juga merusak sejumlah fasilitas yang ada, yang bahkan hingga pada pengrusakan asrama brimob.

“Ini kejadian yang sungguh sangat memprihatinkan, dan kami atas nama Pemerintah daerah Kabupaten Barru, mengutuk keras aksi tidak senonoh tersebut,”tegas Suardi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini