Bupati Barru resmikan wisata alam Lappalaona, ini fasilitasnya

Bupati Barru, Suardi Saleh menikmati Photo Spot selfie di Lappalaona
Bupati Barru, Suardi Saleh menikmati Photo Spot selfie di Lappalaona

Terkini.id, Barru – Setelah lama terbengkalai akhirnya wisata puncak Lappalaona, yang berada di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, yang kini diberi nama Lappalaona The Green Highland, dengan bertajuk wisata alam dengan hamparan dan berbukitan, kini diresmikan Bupati Barru, Suardi Saleh, Minggu 13 Mei 2018.

Peresmian Lappalaona The Green Highland, dihadiri ratusan masyarakat asal Kabupaten Barru dan juga bahkan sejumlah masyarakat yang berada di luar Kabupaten Barru, bahkan sejumlah wahana yang disediakan di lokasi tersebut pada peresmian kali ini dibuka secara gratis bagi para wisatawan yang hadir.

Wisata alam tersebut diwarnai dengan sejumlah permak wahana, diantaranya, Photo Spot selfie, Playing Fox, Camping Group, Mountain Bike Park, Gasebo, dan Uno Stone. Dari sejumlah wahana tersebut nampak wisatawan sangat menikmati satu persatu sajian dari wahana itu, bahkan tidak kalah pentingnya dengan hadirnya pemandangan alam yang dibarengi hamparan dan bebukitan yang sangat indah.

Dal sambutannya, Bupati Barru, Suardi Saleh, menilai dengan hadirnya destinasi wisata baru dengan polesan tangan manusia ini, menjadi daya tarik dan dorong masyarakat untuk hadir di Kabupaten Barru.

“Sektor Pariwisata memang sangat dibutuhkan dalam suatu daerah, ini dimaksudkan agar bagaimana memajukan daerah tersebut, dan menjadi sektor wisata serta penghasilan masyarakat,”pungkasnya.

Belum lagi kata dia, wisata alam ini sendiri itu dibumbuhi dengan pemandangan yang indah, dan dikelola tersendiri oleh masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Ini tentunya akan menjadi penghasilan baru bagi masyarakat di Desa ini, karena system pengelolaannya melalui Bumdes, sehingga kemudian pelibatan tenaga kerja pastinya banyak dari masyarakat Desa dan khususnya masyarakat yang ada disekitaran lokasi ini,”kata Suardi.

Mantan Kadis PU Pinrang ini, menilai, pergerakan ekonomi masyarakat di Desa ini pasti akan lebih baik lagi kedepannya, karena jika pariwisata yang maju maka secara spontan akan mempengaruhi pergerakan usaha lainnya, seperti transfirtasi, souvenir, dan kuliner.

“Pasti usaha lainnya akan mengikuti perkembangan pariwisata ini, sisa kemudian bagaimana kita menyebarkan agar masyarakat luas tau potensi wisata yang ada di Lappalaona ini,”tegasnya.

Dia juga meminta agar Dinas Pariwisata segera membuat Master Plan pengembangan objek Wisata Lappalaona sehingga pembangunanya dapat lebih tertata dengan baik.

“Termasuk juga di dalamnya bagaimana dalam pembangunan objek wisata ini tetap memperhatikan kearifan lokal, yang ada disekitar lokasi pembangunan objek wisata tersebu”urai Suardi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Ini Kampung Statistik Pertama di Indonesia

Terkini.id, Makassar - Dalam rangka pelaksanaan Hari Statistik Nasional (HSN), Universitas Hasanuddin melalui Departemen Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) bersama Badan