Bupati Gowa Serahkan Penghargaan Pelayanan Publik dan Akuntabilitas Terbaik

Bupati Gowa Serahkan Penghargaan Pelayanan Publik dan Akuntabilitas Terbaik

Terkini.id, Gowa Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyerahkan langsung sejumlah penghargaan kepada berbagai pihak yang dianggap telah memberikan kontribusi pada peningkatan pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja di kabupaten Gowa.

Penyerahan yang dirangkaian dengan pelaksaan Coffee Morning ini berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Rabu 19 Desember 2018 dihadiri sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Para Camat se-Kabupaten Gowa.

Adapun sejumlah penghargaan tersebut, yakni, pertama Penghargaan Nasional Dari Kemenpan RB Republik Indonesia Tahun 2018 atas keberhasilan pemerintah Kabupaten Gowa dalam Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pelayananan Publik diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Kedua, penghargaan Pemerintah Kabupaten Gowa terhadap SKPD yang telah menerapkan manajemen berbasis kinerja sehingga mendapatkan penilaian SAKIP predikat BB Tahun 2017 diberikan kepada,

Inspektorat Daerah Kabupaten Gowa, Dinas PMD, Bappeda, Dinas Perhubungan, Badan Pengelola Keuangan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Disdukcapil, Dinas Pendidikan, Sekretariat Daerah, DPM PTSP, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Ketiga, penghargaan Pemerintah Kabupaten Gowa terhadap 6 (enam) orang inovator yang telah membangun inovasi pelayanan publik bermanfaat langsung bagi pelayanan kepada masyarakat yakni diberikan kepada, Dr. Ulfa Tenri Batari, M.Pd dari Dinas Pendidikan, Muh Yamin, ST dari BKPSDM, Edy Sucipto, S.Pi, MM dari Disdukcapil, dr. Gaffar, DPDK, dari UPT Puskesmas Pallangga, dr.Hj. Arni Sultan, M.Si, DPDK dari UPT Puskesmas Samata, dan Thoufan Pratama, SKM, M.Kes dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Selain penyerahan beberapa penghargaan, Bupati Gowa juga menyerahkan sarana dan prasarana pengelolaan persampahan dan pertamanan  serta sejumlah bantuan peralatan kepada 5 (lima) UKM di Kabupaten Gowa.

Penyerahan Sarana dan Prasarana Pengolaan Persampahan dan Pertamanan diberikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Marzuki, berupa 14 unit motor pengangkut sampah, 5 unit motor penyiram tanaman, dan 15 unit kontainer sampah.

Sementara, untuk bantuan peralatan kepada 5 UKM diberikan kepada, UKM Annisa dari Kelurahan Benteng Somba Opu Kec Barombong, atas nama Kasmawati, UKM Tunas Mandiri dari Kurahan Parambanoa Kecamatan Pallangga, atas nama Sarinah, UKM Minasa Maupa dari Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu atas nama Jumiati, UKM Rahayu Taylor dari Kelurahan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu, atas nama Abd Rasyid Marri, UKM Cahaya Malino dari Kelurahan Malino Kecamatan Tinggimoncong atas nama Abd Rahman.

Adnan memberikan apresiasi kepada seluruh pimpinan SKPD dan inovator yang mendapatkan penghargaan. Dimana mereka terus melakukan perbaikan-perbaikan. Menjalankan sebuah sistem-sistem yang bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapirlsan masyarakat yang ada.

“Tentu penghargaan ini haruslah dijadikan sebuah motivasi untuk bisa terus melakukan perbaikan-perbaikan kinerja yang berujung pada Kabupaten Gowa yang main baik dan pelayanannya makin baik kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada,” harap Bupati Adnan.

Diketahui, tercatat ada tiga SKPD yang telah melalui evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik, dan kemudian mendapat penghargaan oleh KemenPAN RB yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, RSUD Syekh Yusuf, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dengan begitu, orang nomor satu di Gowa berharap ketiga SKPD tersebut mampu meningkatkan kinerjanya, mengingat, saat ini pemerintah Kabupaten Gowa baru mendapat A-.

“Kita berharap tahun depan sudah bisa mendapatkan A+ dari Kemenpan RB, begitupun dengan SKPD yang lain dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, diharapkan, ketiga SKPD ini bisa menjadi contoh yang bisa diterapkan di dinas masing-masing,” ujarnya.

Dikesempatan ini pula, Bupati termuda di KTI turut didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis menyerahkan Klaim Santunan Jaminan Kematian dan Kecelakaan serta penghargaan Kepada Muh Sabir, SE atas kreatifitasnya menciptakan lirik lagu nama-nama desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Ini Hasil Survei Tingkat Kepuasan Warga Gowa

Terkini.id,Gowa - PT. Jaringan Suara Indonesia (JSI) menyebutkan dari hasil survei yang dilakukan pada pertengahan Maret 2019, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten