Cara aman mengolah makanan di musim hujan

Mengolah bahan makanan di musim hujan harus lebih diperhatikan kebersihan bahan makanan dan penyajiannya

TERKINI.ID, – Musim hujan, biasanya identik dengan musim penyakit. Bila tidak memperhatikan kebersihan, bahan makanan bisa terkontaminasi bakteri.

Hati-hati, keracunan makanan akibat kebersihan yang tidak diperhatikan. Gejalanya mulai dari diare, muntah-muntah, hingga dehidrasi.

Tentunya, Anda tidak ingin hal tersebut menimpa buah hati dan anggota keluarga lainnya, bukan? Karena itu, kebersihan bahan makanan, mulai dari menyimpan dan mengolahnya perlu diperhatikan. Lantas bagaimana cara menyimpan dan mengolah makanan dengan benar?

Berikut beberapa tips mengolah makanan, agar hidangan Anda di meja makan tetap sehat.

1. Menyimpan dalam Wadah
Bila kebiasaan Anda belanja bulanan, tentu banyak bahan makanan yang perlu disimpan dengan baik. Sebelum menyimpan daging ayam, ikan, dan sapi dalam lemari pendingin, bersihkan dan potong-potong terlebih dulu. Lalu, masukkan ke dalam wadah atau plastik penyimpanan makanan.

Dengan cara ini, bisa memperlambat bakteri yang bisa muncul. Serta dapat menghambat bakteri menyebar pada bahan makanan lain, yang disimpan dalam lemari pendingin.

Biasakan menyimpan bahan makanan dalam wadah tertutup jika memasukkannya dalam lemari es

Buah-buahan dan sayuran juga sebaiknya dibersihkan dengan air sebelum disimpan. Sedangkan, makanan dalam kemasan sebaiknya selalu Anda catat tanggal waktu ketika Anda membuka kemasan. Cara ini juga menghindari makanan yang tersimpan terlalu lama, dan menjadi ‘rumah’ bakteri. Yang pasti, selalu pastikan lemari pendingin berfungsi dengan baik.

Baca :HUT ke-3, hotel Remcy Panakkukang peduli sesama dengan aksi sosial

2. Cuci di Bawah Air Mengalir
Cuci sayuran, buah dan bahan makanan lain di bawah air mengalir sebelum dimasak. Jika sayur untuk lalapan, celupkan sebentar dalam air panas untuk mematikan bakteri.

Biasayakan menyuci bahan makanan di bawah air mengalir untuk menghindari dari bakteri yang menyebabkan diare dan gangguan kesehatan lainnya

Tidak hanya bahan makanan, bersihkan juga alat masak di bawah air mengalir sebelum dan sesudah dipakai. Cuci deng-an sabun hingga benar-benar bersih, lalu keringkan. Pastikan alat masak terhindar dari debu dan kotoran. Bila alat masak tidak bersih, bahan makanan yang diolah di dalamnya akan sangat mudah terkontaminasi bakteri.

3. Olah Makanan Hingga Matang
Pastikan air yang Anda gunakan untuk memasak makanan dalam keadaan mendidih. Sehingga bisa mematikan bakteri-bakteri di dalam bahan makanan. Jika Anda memasak daging, pastikan warnanya sampai berubah menjadi cokelat. Bila memasak telur, pastikan bagian kuningnya matang. Ku-ning telur dalam yang setengah matang, tidak terlalu baik untuk dikonsumsi, karena virus dan bakteri belum sepenuhnya mati.

4. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Memasak
Selain membersihkan alat masak, jangan lupa untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memasak. Tangan adalah bagian tubuh yang paling cepat menyebarkan bakteri. Untuk itu selalu bersihkan tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

Baca :Anda sakit asam urat, ginjal, jerawat, bisul dan luka? Ini obatnya

5. Sajikan Makanan Segera Setelah Matang
Setelah matang sebaiknya makanan langsung disajikan. Selain lebih lezat, makanan juga dalam keadaan segar. Jangan terlalu lama menyimpan makanan matang, karena akan banyak bakteri yang muncul.