Cara Ampuh Atasi Jerawat dalam Semalam

Jerawat meradang di wajah

Terkini.id, – Jerawat yang muncul tiba-tiba di wajah sangat mengganggu, selain terasa sakit, juga membuat kepercayaan diri hilang. Akan terasa panik jika jerawat munculnya sehari sebelum acara kencan dengan pacar atau besoknya akan menghadiri acara penting. Rasanya tidak nyaman dan ingin cepat-cepat menghilangkannya dalam semalam. Tapi bisakah jerawat hilang dalam semalam?

Jerawat merah meradang timbul karena sebum berlebih melewati dinding folikel kulit yang bercampur dengan sel kulit mati menyebabkan pori tersumbat, menyebabkan bakteri jerawat berkembang dan sisa-sisa radikal bebas merusak jaringan dan menyebabkan peradangan dan warna kemerahan pada kulit. Kondisi ini akan membuat kulit terasa sakit karena tumbuh bintik jerawat merah di kulit.

Jika jerawat timbul dan Anda ingin menghilangkannya dalam waktu cepat karena mengharuskan untuk menghadiri acara penting esok harinya, jangan panik. Beberapa cara ini bisa ditempuh untuk mengatasinya, selain bahan mudah didapat karena dipastikan selalu ada dirumah, seperti melansir dari hellosehat.com.

1. Gunakan Es Batu

Es Batu

Ambilah kain tipis dan taruhlah es batu di atasnya kemudian kompres jerawat dengan es batu. Ini merupakan cara jitu untuk menghilangkan jerawat merah meradang. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan berulang sampai warna merah jerawat berkurang. Jangan menekan jerawat terlalu kencang supaya tidak melukai jerawat dan malah memperparah kondisinya.

2. Gunakan Pasta Gigi

Pasta Gigi (Winnetnews)

Pasta gigi mengandung silica yang bisa membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Ambil pasta gigi secukupnya kemudian tempelkan pada jerawat yang meradang. Biarkan sampai mengering semalamam. Tetapi pastikan memilih pasta gigi yang tidak mengandung mentol atau fluoride karena bahan ini membuat kulit rentan iritasi yang bisa menyebabkan kemunculan jerawat yang lebih banyak.

3. Gunakan dengan Aspirin

Aspirin. Sumber : hellosehat.com

Aspirin yang biasa digunakan sebagai obat sakit kepala bisa membantu mengurangi kemerahan pada jerawat. Kandungan asam salisilat di dalamnya bisa membantu mengelupas sel kulit mati dan mengurangi peradangan. Caranya ambil aspiril dan gerus menjadi bubuk kemudian larutkan dengan 1-2 tetes air bersih sehingga membentuk pasta. Oleskan pada jerawat kemudian tempelkan plester untuk melindunginya dan diamkan selama 30 menit.

Ketiga cara di atas tidak menghilangkan jerawat sampai ke akar masalah hanya membantu meredakan bengkak dan menghilangkan kemerahan pada kulit. Untuk kemudian bisa diobati lebih lanjut sehingga mencegah supaya tidak terjadi bekas luka di wajah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini