Cara Efektif Bersepeda yang Bisa Turunkan Berat Badan dan Kecilkan Perut

Cara Efektif Bersepeda yang Bisa Membakar Lemak dan Mengecilkan Perut

Terkini.id, – Bersepeda menjadi olahraga yang kembali digemari dimasa pandemi Covid-19.  Selain menyenangkan dan memberi hiburan, bersepeda juga terbukti bisa mengecilkan perut, membakar lemak dan membantu turunkan berat badan.  

Bersepeda akan menjadi lebih bersemangat jika dilakukan bersama keluarga atau dengan teman-teman.

Beberapa tips di bawah ini bisa memaksimalkan bersepeda yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak dan mengecilkan perut dengan optimal.

1. Bersepeda Sebelum Sarapan Pagi.

Sarapan biasa dilakukan sebelum memulai aktivitas, jika ingin bersepeda cobalah lakukan sebelum sarapan pagi. Cara ini sangat efektif untuk memanfaatkan sisa lemak dari tubuh untuk sumber energi. Setelah selesai bersepeda, barulah lakukan sarapan pagi.

Menarik untuk Anda:

Cara ini jika dilakukan rutin akan sangat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut.

Hanya perlu disarankan jika cara ini hanya diperuntukkan untuk bersepeda dengan rute pendek. Tidak diperkenankan jika bersepeda menempuh jarak jauh, karena butuh kondisi fisik yang kuat.

2. Bersepeda dengan Kecepatan Rendah

Untuk mengoptimalkan pembakaran lemak, bersepedalah dengan menjaga intensitas tetap rendah. Karena jika menggunakan intensitas tinggi maka akan menguras cadangan glikogen terbatas di dalam tubuh yang membuat tubuh kesulitan memproses lemak sebagai sumber energi.

Menaikkan kecepatan hanya dilakukan pada waktu lima sampai sepuluh menit akan berakhir perjalanan. Cara ini akan membuat tubuh bekerja lebih keras menurunkan energi sehingga pembakaran lebih maksimal.

3. Makan Setelah Bersepeda

Setelah menyelesaikan aktivitas bersepeda, sebaiknya langsung segera makan. Hal ini dibutuhkan tubuh agar tidak kehilangan energi secara drastis

Tubuh juga bisa diberi asupan energi melalui minuman energi atau camilan yang berkarbohidrat dan berprotein. Ini akan membantu tubuh untuk memulihkan tenaga setelah beraktivitas berat sehingga sistem kekebalan tubuh tidak melemah.

4.  Lakukan Pola Hidup Sehat

Bersepeda atau melakukan jenis olahraga lain, jika tidak dibarengi dengan menjalani pola hidup sehat akan menjadi percuma dan sia-sia.

Jika niat kita bersepeda untuk membantu menurunkan berat badan berarti harus menjaga pola makan dengan benar. Karena jika makan makanan yang tidak sehat seperti junk food dan berkalori tinggi, serta dalam jumlah yang banyak, seberapa maksimal pun berolahraga akan sulit menurunkan berat badan.

Selain memberikan manfaat menurunkan berat badan dan mengecilkan perut, bersepeda juga membantu tubuh dijauhkan dari berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes.

Menurut penelitian, melansir dari Kompas.com, orang-orang yang bersepeda menuju tempat kerja memiliki 11 persen lebih rendah risiko penyakit kardio. Bahkan bagi yang bersepeda hanya sesekali memiliki risiko kematian dini 8 persen lebih rendah.

Selain menghindari tubuh dari penyakit jantung, bersepeda juga mencegah penyakit diabetes.

Penelitian yang dilakukan di University of Sothern Denmark membuktikan dengan bersepeda risiko terhadap penyakit diabetes bisa ditekan.

Jadi, melihat keuntungan yang bisa diperoleh dari melakukan kegiatan bersepeda, maka bersemangatlah untuk rutin lakukan kegiatan ini. Supaya tidak bosan ajaklah keluarga dan teman bersepeda bersama-sama.

Jangan lupa tetap jalankan protokol kesehatan saat bersepeda kenakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

6 Tanaman Hias Viral dan Banyak Diburu Pencinta Tanaman Hias .

Tips Ini Perlu Diketahui dalam Merencanakan Distribusi Kekayaan Hadiah, Hibah atau Wasiat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar