Cara melacak ponsel yang dicuri, pria ini membuktikan

Ilustrasi Ponsel (terkini.idyusventus)
Ilustrasi Ponsel (terkini.idyusventus)

Terkini.id, Makassar – Di zaman sekarang, ponsel sudah menjadi bagian hidup yang sulit terpisahkan dari seseorang. Apa jadinya jika ponsel android kamu yang menyimpan banyak data penting dicuri?

Sebenarnya, ada beberapa aplikasi Android yang yang bisa anda manfaatkan untuk mengetahui letak ponsel. Salah satunya adalah aplikasi “find my device”.

Salah seorang netizen, Riyan Wahyu Utomo, menceritakan pengalamannya yang sukses menemukan maling yang membawa kabur ponselnya.

“Ketika di sebuah rumah, saya teledor meletakkan HP di meja. Kebetulan, meja tersebut sangat dekat dengan pintu masuk rumah. Ketika saya hendak ingin ke ruang lain dan kembali ke meja saya, saya tersadar HP saya sudah tidak lagi di meja,” cerita Riyan.

Singkat cerita, dia yakin tidak lupa menaruh ponsel tersebut. Dia mencoba menepon ponselnya yang hilang. Panggilan pertama, tersambung. Tetapi pada panggilan kedua, sudah tidak aktif. “Padahal masih full batrai dan disaat itu saya yakin HP saya dicuri,” jelasnya.

Maka, yang dia lakukan, adalah membuka aplikasi “Find My Device” lewat google di perangkat lain. Dia sendiri sebelumnya sudah login lewat ponsel yang hilang tersebut. Dengan membuka akun google-nya di perangkat lain, dia mulai melacak keberadaan ponselnya.

“Setelah saya buka aplikasi tersebut, saya belum bisa melacak karena ponsel saya dalam keadaan mati,” kata dia.

Tetapi, dia pantang menyerah, dan terus merefresh aplikasi. Karena ketika si pencuri mengaktifkan ponsel, maka langsung akan terdeteksi lokasinya. “Yang benar saja, Tuhan Maha Penolong. Tak lama setelah saya refresh, aplikasi tersebut mengatakan jika HP saya berada di sebuah tempat yang tak jauh dari rumah, di salah satu gang di Jalan Flamboyan Jogja,” ceritanya.

Pada saat itu, dia langsung menuju lokasi dan mengeceknya. “Tak jauh dari lokasi, saya melihat seorang pria duduk sendirian dengan pandangan yang mencurigakan. Pria tersebut sedang memainkan hp, akan tetapi itu bukan HP saya. Saya curiga dgn orang tersebut karena tadi pagi saya melihat dia berlalu lalang disekitar rumah,” cerita dia.

Riyan pun memberanikan diri untuk bertanya. “Saya bilang ke pria tersebut kalau saya ingin melihat apa yang ada di dalam tasnya yang terbuka lebar. Ketika saya menengok sedikit, saya melihat HP saya di dalam tas pria itu. Dan dengan sedikit nada paksaan #jawatimuran saya, saya menyuruh pria tersebut mengeluarkan HP saya. Dan yang benar saja, setelah saya cek, itu benar2 HP saya!!!! Akhirnya saya langsung mengambil HP saya dgn paksa,” ceritanya.

Dikirim oleh Riyan Wahyu Utomo pada 22 Januari 2018

Akhirnya, dia meminta pria tersebut untuk mengaku mengambil HP miliknya. “Tapi dia tidak mau mengaku (jarang2 jg ada maling ngaku sih ahahah), dan akhirnya saya hanya menasehati dia,” tulis Riyan.

Alhamdulillah HP gak jadi hilang…….

Melalui akun facebooknya, Riyan membagikan beberapa tips untuk kamu:

  1. Pakailah mode keamanan yang tersedia di device, password/pattern atau finger password.
  2. Pastikan HP-mu terkoneksi dengan email pribadimu. Sinkronkan dengan emailmu atau paling tidak log-in email di HP.
  3. Jika Hp-mu hilang/jatuh/dicuri, jangan panik. Langsung buka aplikasi GOOGLE dan ketik “find my device”. Setelah aplikasi terbuka, kamu akan log-in sesuai dengan alamat dan password email kamu yang sama dengan yang ada di HP. Setelah log in, aplikasi akan mendeteksi di mana HP berada melalui GPS.
  4. Lalu, jika HP mu dalam keadaan mati? Jika Hpmu dicuri, si pencuri pasti akan menghidupkan HP-mu d suatu waktu, refresh aplikasi tersebut d beberapa menit, karena ketika si pencuri membuka ponselmu, otomatis akan langsung terdeteksi di mana lokasi HP mu dibuka.
  5. Segeralah menuju lokas dan mencari HP-mu dengan mengajak beberapa teman anda untuk membantu.
Berita Terkait