Catut Nama Hotman Paris, Beredar Video Pasien COVID-19 Sembuh Usai Hidung Diolesi Betadine

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah video di media sosial yang menyebut Hotman Paris mengatakan bahwa pasien COVID-19 bisa sembuh usai hidungnya diolesi cairan antiseptik Betadine.

Dalam narasi unggahan video itu, disebutkan bahwa pengacara kondang itu menjelaskan pasien COVID-19 berhasil sembuh dengan memakai cotton bud yang diolesi Betadine.

“Simak yg dikatakan Hotman Paris tentang pasien Covid19 berhasil sembuh dengan cotton bud diolesi Betadine..,” demikian narasi unggahan video tersebut.

Dalam video itu, tampak seorang pria dengan memakai cotton bud mengolesi hidungnya bagian dalam dengan cairan betadine.

Menarik untuk Anda:

Mengutip Merdeka.com, Selasa 17 November 2020, berdasarkan penelusuran fakta, hal tersebut telah diklarifikasi dalam sebuah artikel pemberitaan Kompas.com berjudul “[KLARIFIKASI] Oles Antiseptik ke Dalam Hidung Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19” yang tayang pada 13 November 2020.

Dalam isi artikel itu, Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengatakan, klaim mengoleskan cairan antiseptik ke dalam lubang hidung dapat sembuhkan COVID-19 harus dibuktikan dengan uji klinis.

Menurut Agus, sampai dengan saat ini belum ada uji klinis soal itu.

“Betadine dilaporkan dapat membunuh SARS-CoV-2 di uji laboratorium. Namun, bukan berarti dengan mengoleskan Betadine ke hidung, infeksi Covid-19 sembuh karena virus bisa berada di organ lain yang tidak terjangkau olesan Betadine,” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat 13 November 2020.

Ia menjelaskan, reseptor SARS-CoV-2 bukan hanya di hidung, tetapi sepanjang saluran napas atas, bawah, terus ke paru-paru.

Organ-organ lain, kata Agus, seperti pembuluh darah, jantung, saluran pencernaan, otak dan lainnya pun memiliki reseptor.

“Artinya, virusnya bukan hanya di hidung kalau sudah terinfeksi,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 RS Universitas Sebelas Maret Tonang Dwi Ardyanto menuturkan, untuk sembuh dari Covid-19 tidak cukup hanya dengan povidone iodine.

Povidone iodine adalah obat luar yang berfungsi sebagai antiseptik.

“Sembuh dari Covid-19 tidak sekadar soal virusnya bersih, tetapi tubuhnya juga tidak ada masalah. Itu jelas tidak cukup dengan povidone iodine,” ujar Tonang.

Bahkan, kata Tonang, kapas yang dioleskan povidone iodine sulit menjangkau dinding belakang rongga hidung yang menjadi lokasi virus.

Ia juga mengatakan, povidone iodine tidak dianjurkan dioleskan ke dalam hidung karena dapat mengakibatkan iritasi mukosa hidung. Povidone iodine bahkan dapat membunuh bakteri baik di mukosa hidung.

Oleh karenanya, Tonang menganjurkan untuk rajin membersihkan lubang hidung dengan cara menghirup sedikit air, kemudian dihembuskan.

“Cara itu sebaiknya dilakukan dua hingga tiga kali setiap waktu, diulangi tiga kali sehari misalnya,” ujarnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan video yang mengklaim pasien COVID-19 bisa sembuh usai hidungnya diolesi Betadine adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian resmi atau uji klinis yang bisa membuktikan klaim tersebut.

Bagikan