CDK Mamminasata Sosialisasi Layanan Pemantauan dan Rekomendasi Perizinan Kapal Perikanan

Cabang Dinas Kelautan (CDK) Mamminasata Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan melakukan sosialisasi layanan pemantauan dan rekomendasi perizinan kapal perikanan

Terkini.id, Makassar – Cabang Dinas Kelautan (CDK) Mamminasata Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan melakukan sosialisasi layanan pemantauan dan rekomendasi perizinan kapal perikanan. Sosialisasi dilakukan selama dua hari di Kota Makassar, Selasa-Rabu (29-30/10).

Peserta sosialisasi berjumlah 30 orang. Berasal dari perwakilan nelayan, pegawai CDK di Sulawesi Selatan, syahbandar, dan pegawai Dinas Perikanan.

Ketua Panitia Sosialisasi Ahmad Risal mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk menjawab masalah yang dihadapi nelayan dalam pengurusan izin kapal perikanan.

Semua nelayan di kabupaten atau kota memiliki permasalahan yang sama tentang pengurusan izin kapal. Waktu dan tempat pengurusan yang jauh dari tempat tinggal.

Nelayan menginginkan kejelasan mekanisme. Serta kejelasan biaya yang harus dikeluarkan. Sampai diterbitkan dokumen kapal yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan pengurusan izin (SIUP, SIPI/SIKPI).

“Nelayan tidak ragu lagi untuk mengurus,” kata Risal saat sosialisasi layanan pemantauan dan rekomendasi perizinan kapal perikanan di Hotel Ramedo, Rabu 30 Oktober 2019.

 

Sosialisasi bertujuan menumbuhkan kesadaran nelayan atau pemilik kapal dalam mengurus dokumen kapal perikanan dan mensosialisasikan peraturan perizinan perikanaan.

Diharapkan nelayan dapat mengetahui proses dan persyaratan pengurusan perizinan kapal perikanan yang dilaksanakan di tingkat Provinsi. Para pemilik kapal tidak mengalami kesulitan didalam pengurusan surat dan melengkapi persyaratan perizinan kapal.

“Pelaksanaan pengurusan perizinan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Risal.

Hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi antara lain Kepala Dinas Kelautan dan Perikana Sulsel, Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Sulsel, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan PTSP, Kepala Syahbandar, Ketua HNSI Sulsel, dan Kepala CDK Mamminasata.

Berita Terkait
Komentar
Terkini