Cegah Jerawat dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

Alpukat

Terkini.id, – Kulit yang bersih, sehat, bebas jerawat menjadi keinginan semua orang. Wajah berjerawat selain sakit juga buat penampilan tidak pede ketika bertemu orang. Menyembuhkannya juga gampang-gampang susah karena tidak semua obat cocok untuk sembuhkan jerawat.

Jerawat biasanya muncul di wajah karena stres, kelelahan, perubahan cuaca, kotoran yang menempel di wajah tidak dibersihkan, suka makan-makanan berlemak.

Mencegah timbulnya jerawat bisa dilakukan dengan pola hidup sehat seperti tidak mengonsumsi makanan berlemak, rajin membersihkan wajah dan tidak mudah stress.

Makanan selain berpengaruh untuk menimbulkan jerawat, ada juga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Berikut daftar makanan yang bisa mencegah timbulnya jerawat dan membantu membersihkan kulit luar dan dalam seperti halnya pembersih kulit.

1. Buah Alpukat
Jenis buah ini memiliku nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, mengandung lemak sehat dan kandungan vitamin E yang berfungsi menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga tetap awet muda. Buah alpukat juga kaya akan sumber vitamin C yang sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan kulit dan melembapkan kulit secara alami.

2. Buah Anggur Merah

Anggur merah, salah satu buah yang sangat ampuh mengobati dan mencegah stroke, juga baik untuk mencegah timbulnya jerawat

Buah anggur merah dan bijinya kaya akan kandungan antioksidan yang bisa mengobati kondisi peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim. Selain itu buah anggur merah juga bisa membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi pada kulit. Sehingga sangat baik untuk membantu menyembuhkan kulit berjerawat.

3. Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan. Sumber : media.muskuli.com

Kulit berjerawat biasanya juga terkait dengan kekurangan bahan mineral seperti seng dan selenium. Bahan mineral ini banyak terdapat pada kacang-kacangan. Kandungan nutrisi dalam kacang kaya akan selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium serta zat besi yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

4. Ikan

Ikan Tuna, merupakan salah satu bahan makanan yang bisa membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat

Ikan sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang berjerawat karena mengandung nutrisi tinggi untuk kesehatan kulit. Selain sebagai asupan protein dalam ikan kaya akan asam lemak seperti omega-3, omega 6 yang mampu membantu meredakan peradangan yang memicu penyumbatan sel pori yang menjadi penyebab jerawat.

Ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah salmon, tuna, sarden, makarel yang memiliki fungsi melindungi kulit dari jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Bawang Putih

Bawang putih, bahan alami untuk membantu menyembuhkan sakit flu dan pilek, menjaga kesehatan jantung juga mencegah jerawat

Kandungan zat kimia alami dalam bawang putih yang disebut allicin memiliki fungsi sebagai antivirus, anti mikroba, dan anti jamur yang ampuh mencegah jerawat.

Bawang putih termasuk salah satu bumbu yang ampuh melawan peradangan pada kulit. Selain sebagai bumbu masakan bawang putih juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Brokoli

Sayuran berserat seperti brokoli, sangat baik untuk detoks kulit dan membantu mencegah jerawat

Sayur brokoli merupakan makanan pembersih kulit alami. Kandungan brokoli kaya akan vitamin A, B, C, E dan K yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu brokoli mengandung antioksidan yang berfungsi melawan kerusakan kulit dan membuat kulit menjadi cerah dan bercahaya.

Nah, itulah 6 bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi supaya tidak mudah berjerawat dan ampuh untuk mengobati kulit berjerawat seperti melansirnya dari hellosehat.com

Komentar
Terkini