Cek Fakta : Benarkah Kemenkopukm Bagi BLT  Senilai 2,4 juta untuk UMKM?

Cek Fakta : Kemenkopukm Bagi BLT Senilai 2,4 juta untuk UMKM . (sumber foto : instagram)

Terkini.id, Jakarta, – Beredar informasi melalui pesan berantai whatsapp dan facebook yang di dalamnya berisi narasi UKM IKM Nusantara bekerjasama dengan Kemenkopukm memberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 2,4 juta untuk setiap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Narasi Kemenkopukm bagi BLT  senilai 2,4 juta untuk UMKM tersebut dicantumkan dalam bentuk flyer dengan tulisan sebagai berikut :

Pesan berantai dalam bentuk flyer di FB dan WA tentang BLT untuk UMKM

Informasi yang beredar tersebut, setelah ditelusuri melalui website Kemenkop dan UKM, ternyata tidak ada pemberitaan yang menegaskan bahwa benar adanya pemberitahuan kerjasama dengan UKM IKM Nusantara untuk pemberian BLT bagi  UMKM senilai Rp 2,4juta.

Kemenkopukm melalui pesan di instagramnya pada hari Minggu, 19 Juli 2020, telah membantah berita berantai tersebut.

Berikut tulisan pemberitahuan resmi di instagram Kemenkopukm disertakan tulisan HOAX di atas gambar berisi pemberitahuan palsu :

Menarik untuk Anda:

“Halo #SobatKUKM apabila mendengar atau mendapatkan informasi seperti ini, sudah pasti ini info HOAX ya, harap lebih waspada sobat!,”

Media sosial facebook milik Dinas KUMK Babel juga memberikan penegasan dengan menuliskan, “Informasi yang beredar melalui whatsapp atau media sosial lainnya tentang bantuan seperti ini dipastikan Hoax dan mengandung unsur penipuan..,”.

Dinas KUMK Babel mengingatkan masyarakat agar dalam menerima berita berantai, sebaiknya harus melakukan pengecekan ulang melalui akun resmi milik instansi atau media sosial yang berwenang dalam hal ini Kemenkopukm.

Selain itu penelusuran melalui facebook UKM IKM Nusantara juga tidak mencantumkan pemberitaan mengenai kerjasama mereka dengan Kemenkopukm mengenai pemberian BLT tersebut.

Jadi bisa dipastikan bahwa pesan berantai UKM IKM Nusantara bersama Kemenkopukm memberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai 2,4 juta kepada setiap UMKM adalah SALAH/FALSE/HOAX

Melansir dari medcom.id, informasi jenis ini adalah fabricated conten atau konten palsu dan termasuk dalam unsur konten yang berbahaya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan secara kebenaran. Salah satu yang sering menggunakan fabricated conten adalah lowongan kerja palsu.

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CCznsp5jgUB/
https://web.facebook.com/ukmikmnusantara

https://web.facebook.com/dinaskukmprovbabel/posts/656015271664200

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cek Fakta : Benarkah Vaksin Covid-19 Asal China Telah Direstui WHO?

Cek Fakta: Beredar Video Jenazah Covid Dilempar ke Dalam Kubur, Benarkah?

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar