Cek Fakta: Benarkah KPCPEN Subsidi Kuota Internet 75 GB, Ini Faktanya

Terkini.id, – Beredar lewat pesan berantai whatsapp dan media sosial facebook, informasi tentang pemberian kuota internet 75 GB Gelombang ke-3 oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Salah satu pengguna media sosial Facebook, Maylan mengunggah pada 29 Desember 2020.

Dalam unggahannya tersebut disertakan juga tautan yang mengarah pada pemilihan operator telepon selular dan di atasnya terdapat logo KPCPEN.

Terdapat foto seorang anak yang sedang belajar dilampirkan dalam unggahan dengan diberi tulisan seperti berikut “Segera, Subsidi Kuota Internet Bulanan untuk Belajar Mengajar”

Mungkin Anda menyukai ini:

Namun, benarkah KPCPEN membuka gelombang ke-3 subsidi kuota internet 75 GB?

Cek Fakta melalui liputan6.com menelusuri informasi tersebut tentang subsidi kuota internet 75 GB, menghubungi  Tim Komunikasi KPCPEN, Lalu Hamdani. Beliau mengatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Menurut Lalu Hamdani, informasi tentang KPCPEN membuka gelombang ke-3 subsidi kuota internet 75 GB mengarah ke situs peretasan tertentu yang jika kita mengklik tombol dalam tautan tersebut.

Lalu berharap masyarakat Indonesia tidak terpancing untuk mengklik tautan yang dimaksud.

Di sisi lain, Pemerintah melalui Kemendikbud sempat memberikan subsidi kuota pada 2020 lalu, namun hingga awal pekan Januari 2021, belum ada keputusan untuk pemberian subsidi kuota kembali.

Dalam hal ini sejumlah dukungan diberikan agar pemberian subsidi kuota tersebut berlanjut.

Plt Kepala Pusdatin Kemendikbud Hasan Chabibie dalam ulasannya pada 31 Des 2020, mengatakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga meminta bantuan kuota data ini diteruskan di 2021.

Subsidi kuota diyakini efektif bagi warga yang menjalani pembelajaran jarak jauh sehingga tengah di evaluasi program ini agar lebih efektif dan efisien jika diberikan kembali.

Kesimpulannya setelah dikonfirmasi ke KPCPEN, berita yang marak beredar di media sosial tentang informasi pemberian kuota internet 75 GB Gelombang-3 adalah HOAKS, TIDAK BENAR dan PHISING. 

Bagikan