Cek Fakta : Benarkah Orang Gila Tidak Mempan Covid-19?

Tangkapan layar klaim bahwa orang gila tidak pernah kena Covid-19. Sumber : Turnbackhoax.id- https://archive.fo/E6NP9

Terkini.id, – Beredar pemikiran beberapa orang bahwa orang dengan kondisi gangguan kejiwaan atau biasa disebut orang gila, tidak mempan Covid-19.

Pernyataan bahwa orang gila tidak pernah kena Covid-19 disebar oleh beberapa pihak di media sosial, bahkan beberapa pernyataan menyebutkan bahwa vaksin yang ampuh adalah darahnya orang gila.

Salah satu pernyataan tersebut disebarkan melalui facebook oleh Akun Shiwa dengan narasi sebagai berikut :

Vaksin yang ampuh darahnya orang gila, selama covid19 ada orang gila smp sekarang tdk pernah kena covid19”

Benarkah pernyataan tersebut bahwa orang gila tidak pernah covid-19?

Menarik untuk Anda:

Berdasarkan penelusuran melalui beberapa media Cek Fakta Turnbackhoax.id, dipastikan bahwa orang gila ada yang kena Covid-19. Jadi tidak benar bahwa orang gila tidak mempan dengan Covid-19.

Melalui media pemberitaan detik.com pada 12/06/2020, menuliskan bahwa  terdapat 7 orang gangguan kejiwaan yang terdeteksi corona di Jatim.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Dirut RSJ Menur dr. M Hafidin Ilham di Surabaya. Ia mengatakan bahwa orang dengan gangguan jiwa yang menjadi pasien positive Covid-19 di Jawa Timur ada 7 orang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Menur.

Melansir dari media indopolitika.com, pada 31/3/2020, seorang perempuan paruh baya berusia 54 tahun yang mengalami gangguan jiwa berstatus positif Covid-19, sempat melarikan diri dari rumah saat menjalani isolasi mandiri di rumahnya di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Pasien yang menderita gangguan jiwa tersebut kabur, diduga karena bosan setelah seminggu terus menerus di dalam rumah. Oleh warga sekitar yang sudah mengetahui kondisi yang bersangkutan terinfeksi corona tidak melakukan kontak dekat dengan orang tersebut.

Media lain, iniriau.com juga memberitakan pada 20 Juli 2020, ada dua orang dengan gangguan jiwa yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Kampar, Riau.

Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara Percepatan Penanggulanan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi di Gedung Daerah Provinsi Riau pada 20 Juli 2020.

“Dua ODGJ positif Covid-19 ini menjadi pasien Covid-19 ke-286 dan ke-287”, tutur Yovi. Pasien ke-286 positif Covid-19 di Riau adalah nyonya AN (53) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Media-media lain seperti Kompas.com, juga memberitakan mengenai orang gila yang tertular Covid-19.

Jadi bisa dipastikan bahwa klaim orang gila tidak kena Corona Virus (Covid-19) adalah klaim yang SALAH/FALSE/HOAKS/TIDAK BENAR.

Pemberitaan media, orang gila kena Covid-19. Sumber : Turnbackhoax.id
Pemberitaan media, orang gila kena Covid-19. Sumber : turnbackhoax.id

Referensi :

https://turnbackhoax.id/2020/09/15/salah-selama-covid19-ada-tidak-ada-orang-gila-yang-kena-covid19/

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cek Fakta : Benarkah Seluruh Ruangan Wisma Atlet Sudah Penuh Pasien Covid-19

Cek Fakta : Benarkah Gubernur Jakarta Terima Instruksi dari KAMI untuk Lakukan PSBB Total Beberapa Bulan?

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar