Cek Fakta : Simak, Beragam Hoaks Beredar Mengenai Pencegahan Covid-19

Hoaks Beredar Mengenai Pencegahan Covid-19,
Hoaks Beredar Mengenai Pencegahan Covid-19, (sumber foto : halodoc.com)

Terkini.id, Jakarta – Beragam hoaks beredar mengenai pencegahan covid 19 di berbagai media sosial yang membuat banyak orang menjadi korban. Bahkan beberapa orang diantaranya mengalami kematian oleh karena mengikuti anjuran yang mereka baca dari media sosial.

Situasi yang dialami karena pandemi  virus corona Covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat masyarakat menjadi panik, sehingga banyak orang melakukan hal-hal yang tidak masuk diakal untuk melindungi diri dari Covid-19.

Perilaku tak masuk akal ini muncul berbarengan dengan isu hoax tentang Covid-19 yang banyak menyebar di masyarakat melalui media sosial, seperti facebook, whatsapp, twitter, Instagram, tiktok dsb.

Tak jarang berita dari media online ikut menyebarkan hal-hal yang tidak masuk diakal yang dipercaya bisa mengatasi ancaman Covid-19.

Beberapa pernyataan bermunculan yang diklaim dan dipercaya banyak orang,  bisa melindungi diri dari virus corona,

  • Minum urin dan makan kotoran sapi

Menarik untuk Anda:

Pernyataan ini dilontarkan oleh politikus India, Suman Haripriva yang mengklaim mengonsumsi urin dan kotoran sapi bisa melindungi diri dari virus corona. Ia mengatakan urin sapi dan kotorannya bisa menjadi obat virus corona Covid-19.

Tentu saja ini berita hoaks dan tidak benar karena minum urin dan makan kotoran sapi bukan menyembuhkan Covid-19 malah mengundang penyakit masuk ke tubuh kita.

  • Merendam makanan dalam air sabun

Mencuci tangan dengan air sabun disarankan sebagai salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Namun merendam makanan yang dibeli dari toko makanan atau sayuran dan buah dari penjual sayur dengan menggunakan air sabun bukanlah keharusan yang diwajibkan mengingat bahaya bahan kimia yang ada dalam cairan sabun jika dikonsumsi bisa mengakibatkan keracunan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cek Fakta : Benarkah Seluruh Ruangan Wisma Atlet Sudah Penuh Pasien Covid-19

Cek Fakta : Benarkah Orang Gila Tidak Mempan Covid-19?

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar