Cerita Pasien Berusia Hampir 70 Tahun di Makassar Lolos dari Kematian Akibat Covid-19

Terkini.id, Makassar – Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di kota Makassar Sulawesi Selatan yakni Lukman Holy dan Nyonya Lukman Holy.

Pada Minggu, 24 Januari 2021, dia berbagi pengalaman ketika berjuang untuk sembuh dari Covid-19. Salah satu hal yang dilakukan mereka untuk sembuh adalah mengkonsumsi jahe merah.

“Saya suami isteri kena Covid-19 , umur kami sudah hampir 70 tahun, bisa lolos dari kematian karena ada jahe merah sebagai tambahan kekuatan penyembuhan,”ujarnya.

Baca Juga: Curhat Pasien Covid Terlunta-lunta Cari Kamar dan Melihat Belasan Orang...

Menurut pengusaha sukses di kota Makassar itu, jahe merah tersebut dia konsumsi selama menderita Covid-19. Ia menceritakan keajaiban fungsi jahe merah.

“Saya disembuhkan dari batuk keras, teringat   tahun yang lalu saya kena batuk keras. Sudah banyak ramuan obat Chinese yang dijual di toko obat dan juga sudah 3 dokter saya kunjungi tidak mempan. Saya coba dengan jahe merah yang saya bikin sendiri, ternyata cuma satu hari saja saya minum lantas sembuh total,”urainya.

Baca Juga: Respons 4 Pasien Covid-19 Pulang Paksa di RS, Dinkes Makassar:...

“Saya berteman baik dengan dokter Ferdy yang tinggal di jalan Bacan, beberapa bulan yang lalu, anaknya sebagai seorang dokter juga batuk sudah berapa macam obat digunakan tidak sembuh, akhirnya dia minum ramuanku jahe merah tersebut langsung sembuh,”demikian pengakuan Lukman kepada terkini.id, Minggu 24 Januari 2021 siang.

Ia juga menyampaikan jika anggota keluarganya di rumah terdapat beberapa orang yang terkena Covid-19.

“Saya dalam rumah ada beberapa orang kena Covid-19. Di rumahku ada 3 pembantu, saya anjurkan tiap orang minum jahe merah satu kali sehari, sebagai pencegahan. Terbukti sudah sebulan, ketiganya tidak terpapar Covid-19,”tandasnya. 

Baca Juga: 4 Pasien Covid-19 Pulang Paksa di RSUD Daya Makassar

Ia juga menyebutkan jikabjehe merah tersebut sangat pedas, cukup minum dua sendok diamkan sebentar dalam mulut kemudian telan sedit demi sedikit, terasa sangat pedas tetapi enak rasanya seluruh tenggorokan jadi hangat.

Adapun cara meracik jahe merah kata Lukman. Menurutnya, cara bikin jahe merah, beli dari pasar jahe merah setelah cuci bersih, kulitnya tidak perlu kupas, iris setipis mungkin kemudian blendernya”terang dia.

Saat blender perlu ada cairan baru bisa bergerak, maka masukkan arak Ciu Putih yang berkadar agak tinggi sekitar 25 sampai kadar 30 persen, adapun berapa banyak arak yang cocok, tergantung keadaan saat diblender, jika mau bikin agak encer itu pun tak jadi soal. 

Setelah blender tercampur dengan arak tidak perlu dimasak dan tanpa memasukkan ke dalam kulkas pun tetap awet karena campurannya ada ciu putih.

Bagikan