Cerita sukses di balik Amanda Brownies yang dikenal seantero negeri

4 bersaudara pendiri Amanda Brownies, Joko Ervianto (Durektur Utama), Andi Darmansyah (Wakil Direktur), Sugeng Cahyono (Wakil Direktur II), Rizka Kurniawan (Wakil Direktur III)
4 bersaudara pendiri Amanda Brownies, Joko Ervianto (Durektur Utama), Andi Darmansyah (Wakil Direktur), Sugeng Cahyono (Wakil Direktur II), Rizka Kurniawan (Wakil Direktur III)

Terkini.id, Makassar – Berawal dari ketidakpuasan mencoba resep bolu kukus dari seorang adiknya, Hj Sumiwiludjeng (77) pada akhir 1999 mulai mengutak-utik resep bolu kukus tersebut untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat dan pas.

Bagi lulusan Tata Boga IKIP Jakarta ini, rasa bolu cokelat buatan adiknya masih kurang nendang.

Memasak memang bukan sekadar hobi bagi Sumi. Istri pensiunan pegawai PT Pos Indonesia, H Syukur (Almarhum) ini sejak dulu memanfaatkan kepandaiannya memasak untuk menambah pemasukan keluarga.

Sumi, dibantu putra sulungnya, Joko Ervianto (52), menerima pesanan kue dan makanan untuk arisan hingga pesta perkawinan.

Cerita sukses di balik Amanda Brownies yang dikenal seantero negeri“Ketika akhirnya menemukan formula yang pas untuk bolu kukus cokelat itu, katering kami mulai menawarkan kue itu kepada pelanggan,” tutur Atin Djukarniatin (52), istri Joko, yang ikut serta membesarkan toko kue ini.

Menurut Atin, ketika ditawarkan kepada konsumen, kue cokelat itu langsung jadi favorit. Tekstur lembut dan paduan rasa cokelat yang mantap, membuat kue ini gampang disukai. “Banyak orang yang kemudian mulai memesan kue,” tutur Atin.

Melihat potensi tersebut Joko membuat bolu coklat tersebut menjadi produk yang berdiri sendiri. Agar dikenal lebih banyak orang maka dicetuskanlah nama Brownies Kukus.

Nama Brownies Kukus dipilih karena tekstur kue dan warnanya yang cokelat pekat ini mirip tekstur kue brownies. Selain itu, nama brownies kukus lebih mengena di telinga calon konsumen sehingga mereka penasaran mencicipinya.

Joko dan Atin akhirnya membuka toko pertama untuk Brownies Kukus tersebut pada awal tahun 2000 di kompleks pertokoan Metro, Margahayu, Bandung. Namun tidak seperti konsumen catering, Brownies Kukus masih belum cukup laku di toko tersebut.

Cerita sukses di balik Amanda Brownies yang dikenal seantero negeriSayangnya, usaha yang baru berkembang ini tak bisa bertahan, karena pertokoan Metro terbakar. Akibatnya, kios brownies kukus pun ikut tergusur dan pindah ke Jl Tata Surya 11, yang masih terletak di kompleks yang sama.

Usaha keras Atin dan Joko akhirnya berbuah manis ditempat yang baru, meski terkena musibah mereka pantang menyerah untuk memasarkan produk Brownies Kukus ini. Di lokasi yang baru ini Brownies Kukus laku dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Joko akhirnya menghidupkan kembali CV Amanda, perusahaan yang pernah dimiliki Ibunya, Sumi. Akhirnya di tahun 2001 kue tersebut memiliki nama resmi yakni Brownies Kukus Amanda. Dalam terminologi Sumi, Amanda adalah akronim dari Anak Mantu Damai, atau anak dan menantu harus selalu hidup rukun dan damai.

Tahun 2002 berpindah lagi di jl Rancoblang, No. 2 Bandung, dan pada saat itu nama Brownies Kukus Amanda sudah tenar dan telah menjadi oleh-oleh khas bagi warga Bandung yang ingin bepergian keluar kota.

Awal tahun 2004, pusat toko Brownies Kukus Amanda pindah ke bangunan permanen  di JI. Rancabolang No 29, Margahayu, Bandung. Tahun 2005 Amanda Brownies membuka cabang di Bogor kemudian di Surabaya pada tahun berikutnya dan disusul beberapa kota besar lainnya di wilayah Jawa.

Pada 2010 manajemen melakukan ekspansi dengan membuka outlet di luar Jawa. Dari Medan, Sulawesi, Kalimantan, Palembang dan beberapa kota lainnya. Tidak hanya itu, Di luar negeri, brand Amanda Brownies sudah merambah negara Malaysia, Thailand, Kamboja, dan melakukan promosi hingga ke China dan Eropa.

Di Sulawesi Selatan, Amanda Brownies membuka outlet pertamanya di Kota Makassar, tepatnya di bilangan Jl, Pettarani No. 34 pada Mei 2012, menyusul Outlet Ratulangi ( akhir 2012) Outlet Perintis (2013), dan Outlet Alauddin (2015). Pada Tahun 2016 untuk kalipertama Amanda Area Sulsel membuka outlet pertama di luar Makassar, tepatnya di kota Parepare.

Untuk memudahkan warga beroleh produk Amanda dengan harga resmi, Amanda Brownies juga membuka mini outlet/Amanda Express dan mini booth di beberapa titik lokasi strategis di se antero Makassar.

Komentar
Terkini
Ekobis

Promo Service Warnai HUT ke-49 Astra Motor

Terkini.id,Makassar – Astra Motor selaku main dealer dan retailer sepeda motor Honda memasuki usia ke-49 tahun. Momen berharga ini diperingati dengan merayakannya bersama insan