Ciri Perusahaan yang Maju Menurut Ducker

PETER F Drucker adalah Guru para Guru Manajemen Modern. Ia terkenal sebagai Konsultan Manajemen yang banyak diminati berbagai organisasi.

Akan tetapi, tidak semua permintaan dipenuhinya. Apa rahasianya?

Menurut Drucker, jika ada perusahaan yang meminta jasa konsultasinya, ia langsung akan mengunjungi tempat kerja perusahaan yang bersangkutan.

Pada detik-detik pertama lawatannya ia sudah dapat memastikan apakah ia bersedia menjadi konsultan di perusahaan yang bersangkutan.
Keputusannya didasarkan pada apa yang langsung dilihatnya, yaitu adanya kegembiraan dan disiplin kerja para karyawan.

Perusahaan yang maju ialah perusahaan di mana para karyawannya gembira dan berdisiplin dalam hal: (1) berpikir; (2) bertindak; (3) mengevaluasi hasil kerjnya.

Jika hasilnya tidak sesuai dengan yang direncanakan, itu adalah umpan balik untuk memulai berpikir dan memutuskan dari awal lagi.

Tugas pokok Drucker ialah: mengajak karyawan menilai kembali apa yang sudah dikerjakannya dengan gembira dan berdisiplin.

Kegagalan bukan hal yang mematahkan semangat kerja, melainkan sumber pembelajaran yang baru.

Dalam hal menanggapi kegagalan, kata Henry Ford: “Kegagalan adalah peluang untuk memulai lagi dari awal dengan lebih pandai”.
Pertanyaan yang menggelitik ialah: dari manakah asal-usul kegembiraan dan disiplin kerja para karyawan?

Sumber utama adalah keteladanan pemimpin.

Renungan: Bagaimanakah suasana kerja di lingkunganku, dari manakah asal-usulnya, dan di manakah posisiku?

Berita Terkait