Ciri Perusahaan yang Maju Menurut Ducker

PETER F Drucker adalah Guru para Guru Manajemen Modern. Ia terkenal sebagai Konsultan Manajemen yang banyak diminati berbagai organisasi.

Akan tetapi, tidak semua permintaan dipenuhinya. Apa rahasianya?

Menurut Drucker, jika ada perusahaan yang meminta jasa konsultasinya, ia langsung akan mengunjungi tempat kerja perusahaan yang bersangkutan.

Pada detik-detik pertama lawatannya ia sudah dapat memastikan apakah ia bersedia menjadi konsultan di perusahaan yang bersangkutan.
Keputusannya didasarkan pada apa yang langsung dilihatnya, yaitu adanya kegembiraan dan disiplin kerja para karyawan.

Perusahaan yang maju ialah perusahaan di mana para karyawannya gembira dan berdisiplin dalam hal: (1) berpikir; (2) bertindak; (3) mengevaluasi hasil kerjnya.

Jika hasilnya tidak sesuai dengan yang direncanakan, itu adalah umpan balik untuk memulai berpikir dan memutuskan dari awal lagi.

Tugas pokok Drucker ialah: mengajak karyawan menilai kembali apa yang sudah dikerjakannya dengan gembira dan berdisiplin.

Kegagalan bukan hal yang mematahkan semangat kerja, melainkan sumber pembelajaran yang baru.

Dalam hal menanggapi kegagalan, kata Henry Ford: “Kegagalan adalah peluang untuk memulai lagi dari awal dengan lebih pandai”.
Pertanyaan yang menggelitik ialah: dari manakah asal-usul kegembiraan dan disiplin kerja para karyawan?

Sumber utama adalah keteladanan pemimpin.

Renungan: Bagaimanakah suasana kerja di lingkunganku, dari manakah asal-usulnya, dan di manakah posisiku?

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Astaga, 20 Ribu Ton Beras Dibuang

Perum Bulog menyatakan akan membuang 20 ribu ton cadangan beras pemerintah yang ada di gudang mereka. Nilai beras tersebut mencapai Rp160 miliar.Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri
Opini

Sang Muatiara Itu – 4

BIASANYA saya membagi kategori sunnah baik secara fungsional maupun secara substantif dalam kehidupan manusia kepada empat bagian. Sunnah dalam urusan teologi (akidah keimanan). Sunnah
Health

Maulina Moli

INILAH wanita paling bahagia saat ini: Maulina. Putri seorang jendral bintang tiga. Ibu seorang anak kecil. Pengusaha tas wanita.Yang membuatnyi sangat happy adalah ini:
Opini

Sang Mutiara Itu – 2

HUBUNGAN antara seorang Mukmin dan Rasulnya bukan hubungan biasa. Tapi hubungan di atas segalanya, setelah Allah SWT tentunya. Hal yang menjadikan banyak pihak terkejut-kejut
Opini

Harapan Baja Krakatau Steel

MASIHKAH ada harapan untuk Krakatau Steel?Tidak mudah.Tapi masih ada anak usaha KS yang labanya besar: pelabuhannya masih bisa laba Rp 200 miliar setahun.Pelabuhan itu
Opini

Teka-teki Skenario Akhir Demo di Hong Kong

TEKA-teki skenario akhir demo di Hongkong terjawab. Minggu malam lalu.Malam itu kelompok radikal kembali ke markas mereka: di The Hong Kong Polytechnic University. Jumlahnya