‘Core Value ASN BerAKHLAK’ dalam Semangat Sumpah Pemuda di Tahun 2021

terkini.id-Makassar, Melihat fenomena Profesi  Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin diminati dari tahun ke tahun,  Makin banyak juga para pemuda Milenial yang menjadi Aparatur Sipil Negara.

Semakin banyak pula  jumlahnya yang telah lulus dan  bergabung setelah mengikuti serangkaian test seleksi yang ketat.

Beberapa saat yang lalu, sebagaimana dikutip dari Laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PAN-RB  tepatnya pada (27/07/2021) Presiden RI Joko Widodo, telah meluncurkan nilai-nilai dasar (Core Values) ASN berAKHLAK yang bertujuan untuk Percepatan Transformasi ASN.

Baca Juga: Darhamsyah Tembus 10 Besar Kancah Nasional Anugerah ASN Teladan 2021

Dalam sambutannya tersebut, Kepala Negara menegaskan bahwa setiap ASN dimanapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama.

Setiap ASN juga mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jiwa melayani serta membantu masyarakat wajib tertanam kuat dalam diri setiap ASN. 

Baca Juga: Menteri LHK Siti Nurbaya: Zero Deforestation Tidak Sama dengan Carbon...

 

ASN merupakan profesi pengabdian yang utamanya melayani masyarakat, sehingga harus siap melayani dan bukan dilayani. 

Core Value  BerAKHLAK harus menjadi pedoman cara ASN berpikir dan bekerja melayani Bangsa, karena nilai dasar ini menjadi fondasi dalam membangun Indonesia.

Baca Juga: Menteri LHK Siti Nurbaya: Zero Deforestation Tidak Sama dengan Carbon...

ASN BerAKHLAK merupakan nilai nilai dasar ASN yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo ini bermakna BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Selain itu, juga diresmikan employer branding ASN sebagai semboyan, yakni Bangga Melayani Bangsa.

Dengan demikian, seluruh ASN di Indonesia dapat menjalankan tugas dengan memegang teguh nilai dasar serta semboyan yang sama. Sehingga dapat memunculkan orientasi yang juga sama, yakni memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia

 

Dalam sesi penutup di Bincang Smart Eco Life Smart 101,10 FM Makassar pada Selasa (26/10/2021) Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku KLHK, Dr.Darhamsyah juga mengungkapkan bahwa ASN berAKHLAK berorentasi pada ‘pelayanan’.

 

“Kita harus mengkampanyekan ‘No Wrong Door’ Tidak ada pintu yang salah dalam pelayanan birokrasi,”ungkapnya.

Bahkan orang yang masuk ke kantor pemerintahan pun walaupun ‘salah  dalam tempat bertanya’ Namun sebagai ASN berAKHLAK haruslah tetaplah dibantu dijelaskan secara santun,  tepat dan bijaksana.

 

‘Ada beberapa ‘kata kunci’ dalam pelayanan ke Masyarakat seperti contoh pada ungkapan ‘Masih ada yang bisa dibantu pak?..’
‘Apakah sudah cukup jelas ataukah apa ada hal lain yang mau ditanyakan?..’
‘Apakah kebutuhan hal masalah telah selesai, apa lagi yang dapat kami bantu?..’

 

“ASN juga profesi sebagai ladang amal karena bahagian dari Pelayanan kepada Masyarakat itu sendiri,”ungkap Penulis Buku ‘Enjoy Life with Eco Life‘ ini.

 

Kapus P3E SUMA KLHK ini juga menambahkan makna ‘Akuntabel’ adalah sesuatu yang dilakukan secara bertanggung jawab.

 

Memastikan kita adalah satu kesatuan;dan tindakan kita sebagai satu kesatuan dilakukan secara cermat.

 

ASN juga harus berperilaku ‘Kompeten dan Harmonis’ saling menghargai sesama manusia.

Sikap ASN juga harus ‘Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif’.

 

“Ayo para ASN muda, jangan lupa terapkanlah ‘Core Values’ atau Nilai-nilai dasar ASN berAKHLAK ini,”harap ASN teladan Pratama lingkup KLHK ini.

 

Pandemi ‘memaksa’ kita semua untuk ‘beradaptasi’.

 

“Sebagai pemuda dan pemudi Indonesia dan masyarakat pada umumnya kita semua harus  membuktikan melewati Pandemi ini,”harap Dr.Darhamsyah yang juga seorang Certified Eksekutif Coach Internasional.

“Bagaimana dahsyatnya kekuatan pemuda seperti kata bijak dari Presiden Pertama Indonesia Sang Proklamator Soekarno, Berikan aku seratus orang tua niscaya akan kucabut Semeru, Berikan aku sepuluh pemuda niscaya akan kugoncangkan Dunia,“pungkasnya.

 

 

Bagikan