Cuaca sering ganggu harga pangan, BMKG bantu BI

Kepala Perwakilan BI Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso

Terkini.id, Makassar — Balai Meteorologi dan Geofisika (BMKG), akan membantu Bank Indonesia (BI) dalam menjaga harga agar stabil, sehingga ekonomi bisa terjaga.

Sejauh ini, kenaikan inflasi paling banyak dipengaruhi oleh kenaikan kebutuhan pokok yang bersumber dari sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan yang menyumbang 30 persen terhadap ekonomi Sulsel. Sementara, sektor ini sangat banyak dipengaruhi oleh cuaca.

Pada Senin 29 Januari 2018, bertempat di Hotel Aryaduta, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI), Bambang Kusmiarso, menandatangani kerja sama tersebut bersama Sekretaris Utama BMKG, Widada Sulistiya.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso, menyebut, faktor cuaca sangat memengaruhi harga-harga komoditas pangan di Sulsel, khususnya ikan bandeng, lajang, beras, bawang merah, hingga cabai merah. Fluktuasinya sangat tinggi sepanjang 2013-2017.

Dia menyebutkan, besarnya pengaruh cuaca misalnya terlihat dari perubahan inflasi dari volatile food, yang menurun tajam dari 6,47 persen pada 2016, menjadi 2,54 persen pada triwulan ketiga 2017.

Menarik untuk Anda:

“Karena itu, di tengah tekanan harga, inflasi 2017 sudah sesuai yang ditetapkan, yakni 4,44 persen,” terang Bambang. Pada 2018, pemerintah menetapkan target inflasi sebesar 3,5 persen.

Maka, untuk memenuhi target inflasi 3,5 persen tersebut, pihak BI pun mendapat bantuan dari BMKG.

Sekretaris Utama BMKG, Widada Sulistiya, menyebutkan, kerja sama itu merupakan tindaklanjut dari MoU yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dengan MoU tersebut, BI dan BMKG akan bekerja sama dalam hal pertukaran data informasi, forum koordinasi informasi, pengembangan kompetensi SDM, hingga kerja sama lain yang diperlukan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cara Mahasiswa Peserta Program XLFL Respon Kebutuhan Masyarakat

Astra Motor Main Dealer Sulselbartra dan Ambon Gelar Vario Fest, Bertabur Promo dan Hadiah

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar