Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Urutan ke-92

Finlandia negara paling bahagia di dunia
Finlandia, Negara paling bahagia di dunia

Terkini.id, – Hasil studi PBB menetapkan Negara Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia. Negara ini menempati posisi teratas dari 156 negara yang disurvei oleh PBB. Dari rilis yang diterbitkan baru-baru ini, menyatakan Negara- negara ini masuk nominasi terbahagia se dunia.

Berikut Daftar 5 Negara Paling Bahagia di dunia
1. Finlandia
2. Denmark
3. Norwegia
4. Islandia
5. Belanda

Indonesia disebutkan menduduki urutan ke-92 di bawah Singapura yang berada diurutan ke-34, Thailand berada diurutan ke-52, Filipina berada diurutan ke-69 dan Malaysia berada diurutan ke-80.

Sementara Amerika Serikat menduduki urutan peringkat ke-19, Inggris berada diurutan peringkat ke-15.

Untuk urutan terbawah dan dinyatakan paling tidak bahagia adalah Negara Sudan yang warganya mengalami kekurangan makanan karena perang saudara. Negara Yaman, Afganistan dan Republik Afrika Tengah juga berada diurutan terbawah dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

Survei dilakukan dengan mewawancarai warga dari 156 negara terkait kebahagiaan mereka, yang ditanyakan seputar masalah usia harapan hidup, pendapatan, dukungan sosial dan tingkat korupsi, termasuk tingkat kesejahteraan hidup para imigran.

Seperti Tahun 2018, peringkat negara paling bahagia juga dipegang oleh Negara Finlandia.

Hal yang mendasari sehingga Finlandia dipilih sebagai Negara paling bahagia karena cara hidup yang dijalani penduduk negara ini, bahkan disebutkan Finlandia adalah negara teraman untuk berwisata.

Dilansir dari Kompas.com, Finlandia adalah negara yang memiliki kekuatan ekonomi yang berhasil menangani kemerosotan ekonomi global yang tidak stabil dalam tempo yang cepat. Penduduk Finlandia berdasarkan data hanya 6 % warganya yang hidup dalam kemiskinan dan pekerja miskin terendah di UE. Pajak yang diambil oleh negara dari warganya termasuk tinggi namun oleh pemerintah diinvestasikan dengan bijaksana sehingga menciptakan program-program sosial yang merata.

Finlandia mampu membentuk sistem jaminan sosial dikenal sebagai Kela yang menyediakan layanan kesehatan gratis untuk semua warga negara dan penduduk Finlandia, dukungan pengangguran, pendidikan tinggi gratis dan bahkan ‘kotak Kela’ gratis untuk setiap bayi yang lahir di Finlandia.

Selain itu negara ini memiliki tingkat angka korupsi sangat rendah. Institusi kepolisian di Finlandia paling dapat dipercayai di dunia. Penyalagunaan jabatan juga sangat kurang di Finlandia.

Kebebasan secara sosial, fisik dan undang-undang yang menghargai kebebasan memilih pemimpin membuat negara ini sangat aman bagi penduduknya dan bagi orang lain yang mengunjungi negara ini.