Dalam Pengembangan Ekonomi Syariah, KNKS Hadir Di Unismuh

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar – Bidang Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNKS, Dr. Sutan Emir Hidayat hadir di Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sekaligus memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kesepahaman yang dibangun meliputi kegiatan pada bidang pendidikan, riset, dan pengabdian kepada Masyarakat.

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo terus bergerak membangun sinergi dengan komponen masyarakat untuk bersama mengembangkan geliat ekonomi syariah di Indonesia. Salah satu yang digandeng adalah perguruan tinggi.

Hadir pada kesempatan tersebut adalah Pelaksana Harian Rektor Dr. Abdul Rakhim Nanda yang juga adalah Wakil Rektor bidang Akademik didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan, Dr. Andi Sukri Syamsuri serta Dekan FEB, Ismail Rasulong, SE, MM.

Dalam sambutannya, Dekan FEB, Ismail Rasulong sebagai Host kegiatan tersebut mengemukakan bahwa kehadiran KNKS untuk berkolaborasi dengan Unismuh, khususnya dengan FEB dab FAI merupakan hal yang menggembirakan.

“Bahwa di FEB sudah dibentuk Pusat Studi Keuangan Syariah dan Industri Halal yang selama setahun terakhir aktif melakukan kajian keuangan syariah, termasuk membina desa untuk literasi keuangan syariah,” ucapnya di Gedung Aula FEB, Kamis 12 Desember 2019.

PlH Rektor juga menyampaikan bahwa kesepahaman untuk berkolaborasi antara KNKS dengan Unismuh Makassar sangat strategis dalam upaya untuk sharing sumber daya untuk menciptakan bagunan ekonomi Islam yang lebih kokoh. Oleh karena itu, berharap agar kesepahaman tidak berakhir hanya pada MoU saja tetapi segera bisa ditindaklanjuti dengan aksi nyata melalui perjanjian kerjasama yang lebih konkrit dan terukur.

Dalam paparannya, Dr. Sutan Emir Hidayat menjelaskan bahwa KNKS adalah Lembaga Strategis Negara yang berfungsi sebagai mediator dan katalisator untuk kegiatan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia bagi semua pelaku kepentingan baik skala nasional maupun Internasional. Oleh karena itu ada empat strategi utama yang akan dikembangkan yaitu penguatan halal value chain, penguatan UMKM, penguatan keuangan syariah, dan penguatan ekonomi digital.

“saya mengajak Unismuh Makassar sebagai perguruan tinggi berbasis Islam bisa bersinergi untuk mewujudkan visi, Menjadikan Indonesia yang Mandiri, Makmur, dan Madani dengan menjadi Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka Dunia,” tutup Sutan Emir Hidayat.

Komentar

Rekomendasi

KNPI Kota Makassar, Adakan Dialog Awal Tahun

Simpul Pena, Resmi Dilantik Ini Pesan Ketua Agupena

Puluhan Warga Binaan Rutan dan Lapas Bulukumba Mengikuti Kegiatan Dirosa

Gerakan Intelektual Muda Indonesia Timur (GIMIT) Menggelar Diskusi Publik

Pembangunan Persemaian Modern Mendukung Wisata Labuan Bajo

Mempertegas Hanya Satu Kepengurusan Sah, KNPI Maros Gelar Rapat Pleno

Meninggal Saat Berlayar, Jasad Pelaut Asal Enrekang Dilarungkan di Laut

Lanjutkan Program 1000 Lapak Berkah, YBM PLN dan IZI Sulsel Lakukan Ini

Harga Ayam Naik Berdasarkan Data Pemerintah, Peternak Justru Keluhkan Harga yang Anjlok

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar