Dalam Penyambutan Mahasiswa Baru 2019,DEMA FAH Lakukan Hal Berbeda!

Gambar : Foto Kegiatan "Literasi dan Budaya Membaca di Kalangan Mahasiswa Baru"

Terkini.id, Gowa – Dalam penyambutan kedatangan mahasiswa baru tahun 2019, Dewan Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) melakukan terobosan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kamis, 12 September 2019.

Terobosan kali ini terbilang cukup menarik karena mengusung tema “Literasi dan Budaya Membaca di Kalangan Mahasiswa Baru”.

Hal tersebut dimaksudkan agar para generasi muda, khususnya civitas akademik bisa lebih meningkatkan pergelutan di dunia sastra. Selain itu, mampu mengingatkan tingkat membaca masyarakat Indonesia.

Karena masyarakat Indonesia sendiri cenderung masih rendah dibanding negara-negara berkembang lainnya di kawasan Asia tenggara.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (31/08/2019), dihadiri langsung oleh Irsan selaku pemateri dan penulis dari buku Agroliterasi.

“Jika bedah buku yang baru diselenggarakan kali ini merupakan cara penyambutan maba yang kreatif karena sejak awal, mahasiswa baru (maba) terdorong untuk giat membaca dan ke perpustakaan. Apalagi bedah bukunya berbicara perihal literasi,” ucap Ketua BEM Fakultas Adab dan Humoniora.

Adapun peserta yang hadir berasal dari empat jurusan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 500 orang.

Selain itu, Irsan juga mengatakan bahwa semoga kegiatan ini berguna agar mendorong mahasiswa agar melek literasi dan mampu menjadi instrumen pembangunan bangsa yang berkelanjutan.

“Tentu tema utamanya ialah bagaimana para mahasiswa baru tersebut untuk aktif membaca dan terlibat dalam aksi literasi. Konsep agroliterasi yang sampaikan juga dapat dipraktikkan mahasiswa ketika misalnya berada di lingkungan sosialnya atau saat melakukan pengabdian masyarakat melalui KKN,” sambung Irsan.

 

Penulis : Nurhalisa. S (Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi semester 5 UIN Alauddin Makassar)