Datsun niat tinggalkan segmen LCGC, kenapa yah?

Jejeran mobil GO dan GO+ Panca di diler Datsun Pettarani, Jalan AP Pettarani.

Terkini.id, Makassar – Datsun menyasar pasar otomotif Indonesia dengan mengusung kendaraan segmen low cost green car (LCGC) alias mobil murah ramah lingkungan. Tepatnya pada 2013, lewat varian GO dan GO+ Panca, penjualan Datsun kala itu terbilang fantastis dan merajai pasar LCGC.

Tidak mengherankan, sebab dibanding pesaingnya seperti Agya (Toyota), Ayla (Daihatsu), Brio Satya (Honda), atau Karimun (Suzuki), Datsun merupakan satu-satunya merek yang memang fokus mengembangkan LCGC. Merek lainnya seperti diketahui bersama menyasar berbagai segmen kendaraan.

Khusus di Datsun Pettarani, satu di antaranya dua diler Datsun di Makassar, pada 2013 atau tahun pertama kehadiran GO dan GO+ Panca, tercatat sebagai capaian penjualan tertinggi. Capaian saat itu belum bisa dilampaui hingga 2017 kemarin.

“Khusus di kami, penjualan saat itu 100 unit lebih per bulan (1.200 unit dalam setahun). Belum di diler lain yang kurang lebih seperti itu juga,” ungkap Masnur Nuno Purnama, Supervisor Datsun Pettarani, kepada Terkini.id, Jumat, 19 Januari 2018.

Nuno mengatakan, penjualan Datsun GO dan GO+ Panca dalam beberapa tahun terakhir cenderung stagnan. Khusus 2017 lalu, kata dia, penjualan kurang lebih 700 unit atau rata-rata 58 unit per bulan.

Menarik untuk Anda:

“Kami berharap kehadiran produk baru Datsun Cross (sudah diperkenalkan di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018) penjualan bisa meningkat. Mudah-mudahan kita bisa menembus seperti tahun 2013,” ucap Nuno.

Nuno mengatakan, kehadiran Cross sekaligus menjadi tonggak bagi Datsun untuk lebih fokus menyasar segmen kendaraan selain LCGC. “Kayaknya, kita bakal berpindah ke Crossover, sedikit demi sedikit meninggalkan LCGC dan akan masuk seutuhnya ke crossover. Jadi bakal perlahan untuk meninggalkan LCGC.”

Datsun Cross memang tidak masuk dalam segmen LCGC seperti dua model terdahulu. Datsun Cross oleh produsennya mengklaim akan membuka pasar baru untuk pelanggan yang aspiratif.

Biar begitu, bukan berarti Datsun tidak memperhatikan penjualan GO dan GO+ Panca. Untuk memanjakan pelanggan, Datsun Pettarani, pada awal tahun ini memberikan promo khusus. “Kami punya low DP (down payment), dengan Rp10 juta sudah bisa. Atau bisa pilih angsuran ringan yang bisa mulai Rp1 juta,” kata Nuno.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

96 Tahun Perumda Air Minum Kota Makassar, Rachman: Kerja Keras di Tengah Pandemi

Maknai Hari UMKM Nasional, Telkomsel Gelar Webinar di 12 Kota

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar