Seribu Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Seribu Manfaat Tanaman Sukun. Source : kbknews.id

Terkini.id, – Sukun merupakan tanaman yang sangat populer di masyarakat. Kepopulerannya dapat dilihat dari penggunaan nama buah ini untuk produk rokok. Sukun termasuk dalam genus Artocarpus (famili Moraceae) yang terdiri atas 50 spesies tanaman berkayu, yang hanya tumbuh di daerah panas dan lembab di kawasan Asia Tenggara dan kepulauan Pasifik.

Buahnya berbentuk bulat berkulit tebal dan kasar, berwarna hijau muda dan kuning dengan berat sekitar 1,5- 3 kg. Buah sukun bisa digunakan untuk buah pangan. Orang bisa memanfaatkannya untuk makanan ringan, semisal direbus, digoreng, atau di buat keripik dan kolak.

Ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan baku tepung dan mi. Tak banyak orang yang menanamnya. Selain kurang “menjual”, masyarakat belum begitu tahu manfaat tanaman tersebut. Sering dijumpai orang menebang pohon tersebut di pekarangannya dan menggantinya dengan tanaman lain seperti pisang atau mangga dan sebagainya.

Tapi sesungguhnya sukun sangat bermanfaat. Daunnya mempunyai khasiat buat kesehatan, efektif untuk mengobati berbagai penyakit seperti liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, diabetes dan ginjal. Bahkan, masyarakat kadang memanfaatkan kulit batangnya untuk obat mencairkan darah bagi wanita yang baru 8-10 hari melahirkan.

Daun tanaman tersebut menggandung beberapa zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan sebagainnya. Zat-zat ini juga mampu mengatasi peradangan.

Daun sukun saat dijemur. Source : Brilio,net

Menyelamatkan ginjal ada juga yang menjadikan daun tersebut sebagai alternatif untuk menyelamatkan ginjal yang sakit. Adapun cara mudah yang harus dilakukan dalam penggunaan sukun, sebagai berikut:

• Siapkan tiga lembar daun yang berwarna hijau tua, namun masih menempel di dahan. Kemudian cuci bersih pada air mengalir. Selanjutnya dirajang lalu jemur sampai kering. Siapkan pula wadah lalu isi dengan air bersih dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah lihat, tapi jika pun tak ada bisa juga memakai panci stainless steel.
• Masukkan dedaunan kering itu lalu dimasak hingga mendidih, sisakan air tersebut sampai volumenya tinggal separuh.
• Tambahkan air bersih satu liter, dan didihkan lagi sampai separuh.
• Saringlah rebusan daun sukun tersebut. Warna airnya merah, mirip teh. Rasanya agak pahit. Bila anda tidak tahan dengan rasa pahit, bisa ditambahkan sedikit madu setiap kali minum. Setiap kali minum tak boleh disisakan untuk kesesokan harinya.

Selain itu sukun ternyata juga dapat mengobati penyakit jantung. Adapun caran pengolahannya :
• Ambillah satu lembar daun sukun tua yang masih menempel di pohon. Daun sukun tua mempunyai kadar zat kimiawi maksimal.
• Cucilah sampai bersih lalu dijemur hingga kering. Kemudian rebus sampai mendidih dengan lima gelas air dan sisakan sampai tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas. Setelah disaring, rebusan air itu siap diminum dan harus habis tak bisa disisakan untuk esok hari.

Teh daun sukun

Jika Anda tidak mau repot bisa membeli daun sukun yang sudah dikemas dalam bentuk Teh Kemasan sehingga tinggal diseduh dan bisa diminum tiap hari untuk menjaga kesehatan.

Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar
Health

Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Terkini.id, - Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di
Health

Hasil Penelitian, Gemuk Itu Bisa Menular

Terkini.id - Anda yang berada di sekeliling teman yang gemuk, perlu membaca hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.Peneliti